Gandeng UT, Bupati Bolsel Siapkan Beasiswa S1 Bagi ASN, Aparat Desa & Guru PAUD

Rabu, 25 Mei 2022 – 18:58 WIB
Penandatanganan kerja sama Universitas Terbuka diwakili Warek IV Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., dan Bupati Bolmong Selatan  H. Iskandar Kamaru. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru menyiapkan beasiswa bagi ratusan aparatur sipil negara (ASN) untuk mendapatkan gelar sarjana.

Pasalnya, PNS di Bolsel yang belum S1 sehingga harus ditingkatkan kompetensinya.

BACA JUGA: PPPK 2022: Ada Kebijakan Khusus Kemendikbudristek untuk Guru Honorer Belum Lulus PG, Alhamdulillah

Tidak hanya PNS, Bupati Bolsel juga akan memberikan beasiswa bagi aparat desa serta guru-guru PAUD yang hanya mengantongi ijazah SMA sederajat.

Menurut Bupati Iskandar, jika para guru PAUD ini belum mengantongi ijazah S1, mereka terancam tidak boleh mengajar.

BACA JUGA: Gaji ke-13 dan Tukin ASN Segera Cair, PPPK Juga Dapat?

Kondisi tersebut yang menjadi salah satu alasan Pemkab Bolsel melakukan kerja sama dengan Universitas Terbuka.

"Alhamdulillah, hari ini kami menadatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Universitas Terbuka," terang Bupati Iskandar saat penandatanganan PKS UT dengan Pemkab Bolmong, Rabu (25/5).

BACA JUGA: Seusai Penyerahan SK, Bobby Nasution Peringatkan Guru PPPK

Dia menyebutkan, fasilitas beasiswa bagi ASN, aparat desa, guru PAUD akan masuk dalam dana APBD dan dimulai tahun ajaran ini. Rencananya kuota beasiswanya untuk 200 orang.

Merespons hal tersebut Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Universitas Terbuka Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., mengungkapkan sejumlah fasilitas akan diberikan untuk memudahkan mahasiswa.

Mulai dari fasilitas kredit uang kuliah bagi para mahasiswa. Mereka bisa kuliah dengan cara menyicil.

"UT sudah bekerja sama dengan kalangan perbankan. Nah, para mahasiswanya tidak perlu bayar uang kuliah di awal, tetapi ditalangi UT dulu. Kemudian, selama kuliah bisa dicicil," terangnya.

Rahmat melanjutkan, fasilitas lainnya adalah program rekognisi pembelajaran lampau (RPL). Para aparat desa, ASN, guru PAUD, guru honorer bisa mendapatkan fasilitas pembebasan mata kuliah.

Dengan RPL, mahasiswa bisa lebih cepat menyelesaikan kuliah sehingga menghemat waktu dan biaya.

"Kami mengapresiasi langkah Bupati Bolsel untuk memberikan beasiswa bagi 200 aparaturnya. Universitas Terbuka siap membantu Pemkab Bolsel," ucapnya.

Mengenai program kredit uang kuliah dan RPL, Bupati Iskandar menyampaikan akan menyosialisasikan kepada masyarakat Bolsel. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Iskandar juga diminta menjadi narsum untuk talk show UT Radio. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Benny Susetyo Minta ASN Jangan Tidur, Ada Apa?


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler