Ganjar Dianggap Bacapres yang Akan Melanjutkan Program Jokowi

Jumat, 04 Agustus 2023 – 11:04 WIB
Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo mengaku bakal dilibatkan untuk menentukan bakal cawapres pendamping. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai sebagai bakal calon presiden atau Bacapres 2024 yang akan melanjutkan program kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu sesuai temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru.

BACA JUGA: Baidowi PPP soal Koalisi Pendukung Ganjar: Tanpa PSI Tak Masalah

Hasil survei itu dipaparkan dalam Program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Efek Jokowi di Pilpres 2024” sebagaimana siaran pers, Kamis (3/8).

Dia menjelaskan dari empat nama yang diajukan dalam survei SMRC, ada 40 persen responden yang menilai Ganjar bisa melanjutkan program kebijakan Jokowi.

BACA JUGA: Temuan Menarik dari Survei SMRC, Inilah Bacapres yang Dinilai Didukung Jokowi

Lalu 29,7 persen menyebut Prabowo; dan 15 persen Anies; sedang 0,9 persen Airlangga Hartarto. Masih ada 14,4 persen yang belum menjawab.

"Dalam tiga kali survei (April sampai Juli 2023), penilaian bahwa Ganjar bisa melanjutkan kebijakan Jokowi tidak mengalami perubahan berarti," ucap Saiful.

BACA JUGA: Formasi ASN 2023 Lengkap, Ada CPNS hingga PPPK Guru, Peluang Honorer Paling Besar

Terpisah, penilaian bahwa Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bisa melanjutkan program Jokowi disampaikan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla.

Pemuda Muhammadiyah salah satu organisasi kepemudaan Islam terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan hingga ke tingkat desa.

Organisasi itu bertujuan memajukan umat Islam melalui pengembangan pendidikan, sosial, dan budaya. Pemuda Muhammadiyah juga punya peran strategis dalam percaturan kepemudaan Indonesia.

Menurut Dzulfikar, jika melihat hasil survei Populi Center, hasilnya preferensi pemilih Muhammadiyah lebih cenderung kepada Ganjar Pranowo.

"Di basis pemilih Muhammadiyah, kami menangkap bahwa yang bisa meneruskan (program Jokowi), Pak Ganjar,”ujar Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla dalam acara yang siarkan YouthTV Indonesia di YouTube, Kamis.
 
Sementara itu, Utting Research, lembaga survei yang berbasis di Australia merilis elektabilitas para tokoh menjelang Pilpres 2024.

Dari survei lembaga itu sebagaimana diberitakan Antara, elektabilitas Ganjar Pranowo teratas mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Managing Director Utting Research John Utting menyebut tingkat elektabilitas ketiga tokoh itu tidak berjauhan.

Elektabilitas Ganjar Pranowo tercatat mencapai 34 persen, disusul Prabowo Subianto sebesar 33 persen, dan Anies Baswedan hanya 27 persen.

Sisanya tiga persen responden menjawab rahasia dan atau belum memutuskan. Sementara tiga persen lainnya tidak menjawab.

Survei Utting Research itu dilakukan secara tatap muka pada 12-17 Juni 2023 dengan jumlah sampel responden sebesar 1.200 yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

Survei tersebut dilakukan menggunakan metode multi stage random sampling, dengan margin of error sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.(fat/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler