Ganjar: Industri Kreatif Indonesia Punya Masa Depan Cerah

Sabtu, 22 Juli 2023 – 19:19 WIB
Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo. Foto : Ricardo/JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo didampingi Waki Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Bogor Bima Arya bertemu dengan pelaku industri ekonomi kreatif di Cibinong, Jawa Barat, Sabtu (22/7).

Ganjar mengatakan industri kreatif di Indonesia punya potensi besar, karena Tanah Air memiliki budaya yang beragam dengan 1.400 suku.

BACA JUGA: Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Cetak Citizen Journalism Cerdas

"Industri kreatif Indonesia sebetulnya punya masa depan yang luar biasa cerah," kata dia saat berbicara di acara.

Dari situ, kata Ganjar, Indonesia bisa belajar dari Korea Selatan yang mampu mengembangkan budaya K-Pop sejak 2014, mulai dari musik, film, dan kuliner.

BACA JUGA: K-Content BizWeek 2023 Sukses Pertemukan Pelaku Industri Kreatif dari 5 Negara

"Korea untuk mempersiapkan itu butuh 20 tahun, padahal dahulu tidak diperhitungkan dan lebih dulu Jepang," ujar Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) itu.

Ke depan, kata Ganjar, tata kelola di industri kreatif nasional perlu diperkuat dan diperdalam demi penguatan sektor tersebut.

BACA JUGA: Pilpres Masih Jauh, Ganjar Pranowo Sudah Dipanggil Bapak Presiden RI oleh Elite PDIP & PPP

"Kalau tata kelolanya sudah ada, perlu diperdalam agar dapat menjadi jawaban bagi peningkatan kesejahteraan para pelaku industri kreatif,” ujarnya.

Elfonda Mekel atau Once Mekel yang hadir dalam kegiatan yang sama rasa senang Ganjar memiliki pengetahuan komprehensif tentang industri kreatif.

"Jadi kelihatan sekali, terkesan banget bahwa Pak Ganjar itu mengerti persoalan sehingga membuat kita lebih percaya bahwa Pak Ganjar akan melakukan sebuah aksi atau program-program yang benar-benar gerak cepat dalam hal industri kreatif," kata pelantun lagu Dealova itu.

Once melihat bahwa Ganjar adalah sosok yang benar-benar bisa berkomunikasi dengan berbagai kalangan, baik kalangan atas maupun yang di bawah.

Ganjar, lanjut dia, bisa mengomunikasikan ide-ide dan aspirasi dengan sangat artikulatif sehingga mudah dimengerti.

"Kami berharap banget Pak Ganjar bisa mempercepat segala sesuatu yang sudah dimulai. Saya percaya, kalau Pak Ganjar itu memimpin, musik Indonesia akan sangat cerah," kata dia. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler