Ganjar Kunjungi Museum dan Masjid di Medan, Didampingi Menantu Presiden

Sabtu, 09 April 2022 – 09:20 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi museum dan masjid di Medan. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, MEDAN - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan safari Ramadan dengan mengunjungi Kota Medan.

Dalam kunjungan ini, Ganjar didampingi Wali Kota Medan Bobby Nasution. Keduanya lalu mendatangi Museum Al-Washliyah dan Masjid Bengkok di Kesawan, Kecamatan Medan Baru pada Jumat (8/4).

BACA JUGA: Menunaikan Janji, Bobby Nasution Bangun Tembok Laut, Mohon Doanya

Kedua bangunan itu dibangun oleh seorang dermawan berdarah Tionghoa bernama Tjong A Fie. Dia juga pernah diangkat menjadi Kapitan China di Medan pada tahun 1911 hingga 1921. 

"Ada museumnya bagus sekali dan sejarah yang sangat luar biasa, ini orang kaya jaman dulu di Medan pergaulannya internasional,” kata Ganjar dalam siaran persnya, Sabtu (9/4). 

BACA JUGA: Melawat ke Medan, Ganjar Napak Tilas Sejarah Bung Karno di Istana Maimun

Ganjar mengaku kagum dengan wasiat Tjong A Fie yang berisi tentang betapa pentingnya rasa saling tolong menolong antar manusia, tanpa memandang suku, agama dan golongan. 

"Saya baca tadi wasiat tiga, empat, lima itu isinya bagaimana menolong orang sakit, anak tidak mampu, kasih beasiswa yang tidak membedakan bangsanya," ucap Ganjar. 

BACA JUGA: Elektabilitas Ganjar Melonjak Tinggi Banget, Menggusur Prabowo

"Dan karya nyatanya adalah Masjid Bengkok. Itu dibangun dari keluarga Tjong A Fie,” sambung Ganjar. 

Politikus PDI Perjuangan ini lantas menyampaikan kepada Bobby agar tempat Tjong A Fie Mansion dan Masjid Bengkok terus dilestarikan. 

Sebab sebelumnya, Bobby juga pernah menyambangi Ganjar di Kota Semarang, Jawa Tengah, untuk melihat proses revitalisasi tempat bersejarah. Salah satunya kawasan Kota Lama, Semarang. 

"Beliau (Bobby) pernah ke Semarang, belajar, tukar pikiran. kami lebih dulu aja membangun Kota Lama di Semarang dan mirip-mirip," kata Ganjar. 

Sementara itu, Bobby mengucapkan terima kasih atas kedatangan Ganjar ke Kota Medan. Menantu Presiden Joko Widodo itu menyebut Ganjar sebagai sosok yang memiliki penggemar yang banyak. 

"Mudah-mudahan semakin banyak yang berkunjung ke Medan. Pak Ganjar yang kami tahu banyak followersnya, mudah-mudahan dilihat followersnya dan datang ke Medan," kata Bobby. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Survei Pilpres: Dukungan untuk Ganjar dan Anies Menguat, Prabowo?


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler