Ganjar Luncurkan Aplikasi Jogo Konco Untuk Lindungi Anak dari Perundungan

Rabu, 27 Juli 2022 – 21:51 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat hadir di peluncuran aplikasi Jogo Konco, Rabu (27/7). Dok Tim media Ganjar.

jpnn.com, BANYUMAS - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi Jogo Konco atau jaga teman bagi kalangan anak. Peluncuran ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2022.

"Anak-anak ini sangat kreatif membuat aplikasi Jogo Konco. Mereka membuat kepedulian sehingga di dalamnya itu anak-anak bisa melapor kalau ada kejadian," kata Ganjar saat hadir di Festival Anak Jawa Tengah 2022 di Pendopo Si Panji, Banyumas pada Rabu (27/7).

BACA JUGA: Atas Inisiatif Ganjar Pranowo, 39,5 Persen Lahan Kritis di Jateng Berhasil Dipulihkan

Jogo Konco merupakan implementasi konsep peran anak sebagai pelopor dan pelapor (2P) dalam upaya saling melindungi serta mendorong hak anak.

Aplikasi Jogo Konco ini dibuat karena tingginya persentase anak yang mengalami kekerasan, khususnya di Jawa Tengah.

BACA JUGA: Peringati Hari Anak Nasional, Ganjar Singgung Soal Perundungan dan Pernikahan Dini

Jogo Konco memudahkan anak untuk melapor tindakan tersebut ke lembaga perlindungan anak, kepolisian hingga pemerintah.

"Persentasenya cukup banyak anak-anak yang mengalami kekerasan dan tidak melapor. Maka aplikasi ini akan bisa mendorong anak-anak peduli sesama teman menjadi baik," ujar Ganjar.

BACA JUGA: Perundungan di Sekolah Marak Terjadi, Siswa Disuruh Makan Sampah

Ganjar berharap dengan adanya Jogo Konco tidak hanya mendorong keberanian anak untuk melaporkan tindak kejahatan anak-anak.

Lebih dari itu, Jogo Konco disebutkan bisa mengurangi potensi perundungan (bullying) anak di lingkungan sosial maupun dunia maya.

“Kalau itu terjadi ini akan mengurangi potensi terjadinya bullying. Terus perundungan tidak akan terjadi. Tapi seadanyainya terjadi, tidak bisa disembunyikan mesti dilaporkan," tutur Ganjar.

Dengan demikian, Ganjar menyatakan rasa saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada pada anak akan tumbuh dengan sendirinya, tanpa memandang suku, agama, dan golongan.

"Maka mereka akan saling menjaga teman, saling menghormati apapun sukunya, apapun agamanya, apapun golongan sosialnya mereka akan bisa hormati itu," kata Ganjar.

Pada Festival Anak Jateng 2022, Ganjar juga meluncurkan aplikasi Flexi Time dan Safe and Friendly Environment For Children (SAFE4C).

Kedua aplikasi tersebut merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang aman dan ramah bagi anak. Sehingga diharapkan karakter dan kepribadian anak akan tumbuh dengan baik. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada 5 TKP Kejahatan dalam Sehari, Anak Buah AKBP Deddy Harus Bertindak Tegas


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler