Ganjar Pranowo: Enggak Usah Panik pada Omicron

Kamis, 13 Januari 2022 – 07:45 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo di Kebumen. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, KEBUMEN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti rapat terkait munculnya varian baru covid-19 Omicron yang dipimpin langsung Menko Kemaritiman dan Investasi secara virtual.

Rapat membahas kesiapan daerah dalam menghadapi munculnya virus corona varian Omicron yang sedang merebak. Sejumlah daerah menyampaikan kesiapannya kepada Menko Marves Luhut B Pandjaitan.

BACA JUGA: Ganjar Berdiskusi Bareng Warga: Kolaborasikan Inovasi Masyarakat dan Program Pemerintah

“Semua diminta untuk waspada terkait dengan omicron dan tadi di data satu persatu bupati seluruh jawa yang merepresentasikan beberapa wilayah Jateng, Jatim, Jabar untuk siaga termasuk DKI tentu saja,” kata Ganjar usai rapat.

Ganjar mengatakan, Jawa Tengah tetap siaga meski pintu keluar masuk orang ke Pulau Jawa melalui Jawa Timur dan DKI Jakarta. Ganjar menegaskan upaya sosialisasi tak boleh kendor.

BACA JUGA: Ganjar Resmikan Aplikasi Jeknyong, Inovasi Terbaru dalam Pengelolaan Sampah

“Enggak usah panik dengan omicron tapi tolong prokes dijaga ketat dan ini selalu kita berikan evaluasi terus menerus,” katanya.

Kedua, kata Ganjar, percepatan vaksinasi. Sehingga daya tahan tubuh terjamin dan warga terproteksi dari dalam.

BACA JUGA: Ada Sinyal untuk Ganjar dan Puan di Pidato Megawati

“Di Karanggayam dan Kebumen ini ternyata desanya keren bisa 86 persen vaksinnya, cukup bagus lah. Mereka mengejar itu dan menurut saya vaksinasi juga bagian yang mesti dipercepat,” tegasnya.

Selain itu, Ganjar memastikan belum ditemukan varian Omicron di penambahan kasus covid-19 di Jateng.

“Tampaknya banyak yang terkena covid positif tapi belum kami temukan varian omicron, dengan alat wgs (Whole Genome Sequence) kita, selalu melakukan testing terus menerus dan belum ketemu,” ujarnya.

Dalam rapat, Ganjar juga sempat menyampaikan kepada forum terkait pelaksanaan ibadah umrah yang akan kembali digelar oleh Kementerian Agama. Musababnya, varian Omicron seringkali ditemukan dari pelaku perjalanan luar negeri.

“Saya usul karena banyak yang akan keluar masuk indonesia apalagi yang ke luar negeri, betul-betul nanti yang umroh ini kita kawal sehingga mereka ketika berangkat pulang pun tetap sehat. Itu traffic yang menurut saya mesti diwaspadai bersama,” pungkasnya.(flo/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler