Ganjar Pranowo Harus Tawarkan Solusi Konkret pada Masyarakat

Selasa, 04 Juli 2023 – 23:13 WIB
Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Bacapres Ganjar Pranowo berpotensi terus meningkat menjelang Pilpres 2024.

Ada beberapa faktor penentu untuk menaikkan elektabilitas Ganjar Pranowo. Salah satunya dengan menawarkan solusi atas masalah yang masyarakat hadapi saat ini.

BACA JUGA: Ganjar Mengajak Masyarakat Menerapkan Ekonomi Sirkular dalam Memanfaatkan Sampah

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (SUDRA) Fadhli Harahab mengatakan bila ingin menang satu putaran, Ganjar harus mengejar elektabilitas di atas 50%.

Target itu sangat mungkin dicapai, mengingat saat ini tidak ada kandidat yang begitu superior.

BACA JUGA: Memenangkan Ganjar Pranowo di Sumbar Memang Takmudah, Jokowi Pernah 2 Kali Kalah

"Potensi kenaikan, tergantung siapa cawapres yang akan diusung dan gagasan besar apa yang akan diperjuangkan. Perlu digarisbawahi, gagasan itu perlu di sosialisasikan secara massif," kata Fadhli.

Sebab, menurut dia, sebagian besar swing voters yang belum memutuskan pilihan mereka tergolong pemilih rasional dan generasi milenial.

BACA JUGA: Bu Mega Mengumumkan Cawapres Pendamping Ganjar pada September

Namun, untuk mendapat perhatian dari swing voters, tidak cukup hanya dengan Ganjar blusukan.

"Strategi dengan terjun langsung dan memberi solusi konkret, saya kira paling ampuh untuk menggaet massa mengambang. Jadi tidak sekedar blusukan, salaman, pidato, lambai tangan, trus pulang. Kasih solusi atas persoalan mereka. Selesai itu," tegas Fadhli.

Dia menegaskan Ganjar juga harus berusaha memahami masalah apa yang masyarakat hadapi dalam keseharian.

Komunikasi yang baik dan efektif juga penting sehingga ada kedekatan antara Ganjar dengan masyarakat dari berbagai sektor.

"GP (Ganjar Pranowo) harus merasa seperti petani, ke pedagang harus jadi pedagang. Ke pengusaha harus merasa jadi pengusaha, ke buruh juga seperti itu, ke milenial juga harus merasa seperti mereka. Sehingga terjalin kedekatan dan timbul kepercayaan, untuk dapat menyelesaikan persoalan mereka," ujar dia.

Dukungan kepada Bacapres Ganjar Pranowo untuk memenangkan Pilpres 2024 makin menguat.

Data survei Populi Center menyebutkan elektabilitas Ganjar sebesar 35,8%, Algoritma Research & Consulting 29,3%, dan SMRC 37,9%.

Dalam acara puncak peringatan Bulan Bung Karno, beberapa waktu lalu, Ganjar Pranowo meminta kader PDI Perjuangan dari seluruh tingkatan berjuang memenangkan PDI Perjuangan pada Pemilu 2024.

Dia mengatakan, mimpi Bung Karno harus diwujudkan dan program Presiden Joko Widodo mesti dilanjutkan.

Ganjar yang saat ini masih menjabat Gubernur Jawa Tengah menyampaikan Jokowi sudah bisa mewujudkan mimpi Bung Karno dengan membangun sejumlah infrastruktur yang hebat hingga serius memindahkan ibu kota negara.

"Pak Jokowi mewujudkan itu. Infrastruktur yang hebat, IKN yang tidak hanya memindahkan tempat dan ibu kota tapi membuka mindset, mengubah mindset sebagai negara maju. Termasuk hilirisasi industri yang akhirnya kita diperhitungkan dunia," kata Ganjar. (flo/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler