Ganjar Pranowo Pakai Baju Adat Jawa Barat di Upacara HUT ke-78 RI

Kamis, 17 Agustus 2023 – 17:14 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan mengenakan baju adat Sunda jenis bedahan menyalami tamu undangan pada Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Kamis (17/8). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terlihat berpakaian adat Jawa Barat saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang, Kamis (17/8/2023).

Ganjar memakai baju adat Sunda jenis bedahan berwarna putih, lengkap dengan ikat kepala dan batik yang dililitkan di pinggang.

BACA JUGA: Ganjar Berterima Kasih ke Banyak Pihak di Agustusan, Suaranya Bergetar saat Pamitan

Emblem gubernur tampak terpasang pada bagian dada kanan baju itu. Di atasnya juga terdapat label nama atau name tag bertuliskan Ganjar Pranowo.

“Ini baju adat Jawa Barat," kata Ganjar.

BACA JUGA: Sukses Pimpin Jateng, Ganjar Diyakini Bakal Menang di Pilpres 2024

Bakal capres untuk Pilpres 2024 itu menuturkan dirinya telah berencana mengenakan pakaian adat Sunda itu untuk memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Oleh karena itu, Ganjar pun mencari baju bedahan itu saat berkunjung ke wilayah Jabar.

BACA JUGA: Ide Ganjar untuk Mengembangkan Kreativitas Gen Z Pelaku Industri Kreatif

Baju adat Sunda yang dikenakan Ganjar itu berbentuk seperti kemeja takwa dengan kerah seleher disertai kancing. Terdapat satu saku di bagian dada sebelah kiri.

Pada bagian bawah baju itu juga terdapat dua saku di sisi kiri dan kanan. Menurut Ganjar, desain bajunya itu terinspirasi dari sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Jadi, kemarin saya cari yang dari Jawa Barat mana yang pas, ketemu ketika Kang Ridwan Kamil menggunakannya,” katanya.

Ganjar menyebut baju bedahan itu memiliki bentuk dan desain unik. Selain itu, ikat kepala pelengkap bedahan juga mirip belangkon.

“Jadi, ikatnya itu juga kayak belangkon, tetapi bentuknya agak berbeda,” tuturnya.

Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, yang mendampingi gubernur ke-15 Jateng itu pada upacara tersebut juga terlihat anggun dalam balutan kebaya.

Atikoh mengenakan kebaya putih dipadukan bawahan batik berwarna senada dengan ikat kepala dan sarung yang dikenakan Ganjar, yakni berkelir merah dan keemasan.

Memang Ganjar kerap menggunakan pakaian adat berbagai daerah di Nusantara pada momen-momen tertentu. Beberapa baju, Ganjar pernah mengenakan pakaian adat Madura, Kalimantan, Nias, Maluku, Makassar, juga Bali.

Selain itu, Pemprov Jateng di bawah kepemimpinan Ganjar juga menerapkan penggunaan baju adat Nusantara pada Kamis pekan keempat setiap bulan.

Adapun pada kamis di pekan pertama hingga ketiga, para ASN Pemprov Jateng mengenakan baju adat Jawa.(Mcr5/jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Pranowo Jawab Harapan Anak Muda Tentang Masa Depan


Redaktur : Antoni
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler