Ganjar Pranowo: Selamat Natal, Saya Tidak Akan Mengganggu Waktu Ibadah Panjenengan

Kamis, 24 Desember 2020 – 23:59 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menyapa jemaat Natal di Holy Stadium Marina, Semarang, Kamis malam (24/12). Foto humas Pemprov Jateng.

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali berkeliling ke tiga gereja di Kota Semarang yang menggelar misa Natal pada Kamis (24/12) malam. Dia ingin memastikan pelaksanaan ibadah Natal berlangsung baik dan disiplin protokol kesehatan.

"Selamat malam bapak ibu, selamat Natal, saya tidak akan mengganggu waktu ibadah panjenengan. Saya hanya ingin memastikan malam ini Bapak Ibu berbahagia," kata Ganjar saat menyapa jemaat Natal di Holy Stadium Marina.

BACA JUGA: Gubernur Ganjar Melihat Keunikan saat Mengunjungi Gereja-gereja di Semarang Jelang Natal

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek penerapan protokol kesehatan di salah satu gereja di Kota Semarang pada Kamis malam (24/12). Foto humas Pemprov Jateng.

BACA JUGA: Virus Baru Covid-19 Muncul, Begini Penjelasan Satgas

Setelah dari lokasi itu, Ganjar beserta rombongan Forkopimda Jateng bergerak menuju ke titik kedua yakni Gereja Katedral Semarang. Di sana, dia disambut Romo Herman Yosep Singgih.

Ganjar tak masuk menyapa jemaat karena lantaran prosesi ibadah di Gereja Katedral Semarang sedang berlangsung. Saat itu, dia hanya menanyakan penerapan protokol kesehatan di gereja itu kepada Romo Herman.

BACA JUGA: Sekuriti Hotel Penganiaya Dokter Ranisa Larasati Ditangkap, Motifnya Mengejutkan, Nih Pelakunya

"Umat di sini sebelum mengikuti perayaan mereka mendaftar dulu. Kemudian pakai QR Code, setiap waktu ibadah kapasitas 30 persen dari biasanya," ucap Romo Herman kepada Ganjar.

Mantan anggota DPR itu pun mengapresiasi pihak gereja yang dengan sangat ketat menerapkan protokol kesehatan. Setelah itu Ganjar bertolak ke titik ketiga yakni Gereja Katolik Keluarga Kudus di Jalan Admodirono.

Di sana, Ganjar bertemu langsung dengan perwakilan romo karena saat itu ibadah misa juga sedang berlangsung, sehingga dia hanya mengamati dari luar bangunan gereja yang pada Kamis pagi telah dikunjunginya.

“Alhamdulillah berjalan lancar ya. Tadi kita lihat kalau dari sisi mereka atur protokol (kesehatan) bagus. Bahkan kalau di sini (Gereja Katolik Keluarga Kudus) ada desinfektan portabel dan itu pakai ozon,” kata Ganjar kepada media.

Dari tiga gereja yang dikunjungi, Ganjar melihat semua telah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Dari ketersediaan tempat cuci tangan, desinfektan, pembatasan jemaat, pengaturan jarak antar jemaat hingga pelaksanaan misa secara virtual.

“Tempat cuci tangannya banyak bagus, duduknya jaraknya jauhan bagus, dan memang jumlahnya semua sangat terbatas. Kalau saya ingat tahun lalu di gereja ini sampai sini penuh ada tendanya dan ini ga ada dan streamingnya jalan," tutur suami Siti Atikoh Supriyanti itu.

Ganjar menyampaikan terima kasih pada seluruh pengelola gereja yang telah menjaga dengan ketat penerapan protokol kesehatan. Ganjar berharap seluruh prosesi ibadah Natal berjalan dengan baik dan lancar.

“Jadi ya, Alhamdulillah lah semua berjalan. Saya terima kasih sudah dibantu, protokol kesehatan diperketat, ibadahnya tetap berjalan dengan baik. Juga makasih dari TNI Polri semua standby bantu amankan, Lantas, semuanya, mudah-mudahan lancar," pungkas kader PDI Perjuangan itu.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler