Ganjar Serahkan Bantuan Keuangan dan Hibah Sosial Untuk Tekan Kemiskinan di Kendal

Kamis, 08 Juni 2023 – 19:25 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika berada di Kendal. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, KENDAL - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan keuangan hingga hibah sosial kepada warga di Kabupaten Kendal.

Bantuan itu diserahkan Ganjar secara simbolis di Balai Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jateng, Kamis (8/6).

BACA JUGA: Sukarelawan Ganjar Beri Bantuan dan Jalin Silaturahmi dengan Sopir Truk di Jakut

Adapun bantuan akan disalurkan melalui 12 dinas dan instansi di bawah Pemprov Jateng, yakni Biro Adm Bangda, Dispermades, Disperakim, Dinas Porapar, Dinas ESDM, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Sosial, dan Biro Kesra.

Kemudian Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan dan Keswan, hingga Badan Kesbangpol.

BACA JUGA: Berkat Bantuan Ganjar, Ribuan Warga Desa di Kaki Gunung Slamet tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Ganjar mengatakan penyerahannya dilakukan dalam bentuk bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), bantuan petani, hingga bantuan rumah ibadah.

“Harapan kami seluruh anggaran dari daerah itu betul-betul tereksekusi dengan cepat karena ini betul-betul stimulan untuk pertumbuhan ekonomi,” kata Ganjar dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Konon, Muculnya Nama AHY Dalam Bursa Bakal Cawapres Ganjar dari Dialog Puan di DPR

Ganjar mengatakan pihaknya akan gencar mengecek bantuan-bantuan tersebut secara langsung agar progresnya bagus, tepat sasaran, dan memiliki nilai lebih dari program percepatan kemiskinan ekstrem yang dilakukan Pemprov Jateng.

“Contohnya tadi penurunan angka kemiskinan ekstrem dan stunting. Intervensi-intervensinya sudah masuk. Tetapi di samping itu kami juga tidak boleh melupakan, berapa kemudian penyandang disablitias yang bisa mendapatkan akses ini," kata Ganjar.

Menjelang akhir jabatannya di September 2023 mendatang, Ganjar ingin anggaran-anggaran bantuan cepat dieksekusi oleh dinas-dinas terkait jauh-jauh hari.

Oleh sebab itu Ganjar meminta dinas di Pemprov Jateng menggenjot eksekusi tersebut.

“Sekarang kami genjot untuk percepatan pengurangannya (kemiskinan ekstrem) ya. Lumayan sih beberapa tahun terakhir kami bisa menurunkan lebih banyak,” tuturnya.

Turmudyi, Ketua Kelompok Tani Sedempel Makmur Desa mengucapkan terima kasih kepada Ganjar. Pria asal Kendal ini mendoakan kesehatan dan kesuksesan Ganjar.

“Alhamdulillah terima kasih kepada Pak Gubernur atas bantuannya. Semoga dapat bermanfaat kepada kami selaku petani yang ada di bawah dan semoga hasilnya juga stabil. Dan kepada Pak Ganjar semoga hajatnya dikabulkan,” katanya.

Selain bantuan dari APBD, Ganjar juga menggenjot sumber dana non-APBD untuk percepatan kemiskinan ekstrem dan stunting. Di antaranya lewat CSR perusahaan, Baznas Jateng, hingga filantrop.

Ganjar berhasil mengentaskan angka kemiskinan hingga 1 juta penduduk selama dua periode menjabat Gubernur Jateng. Dari yang semula 4,8 juta penduduk miskin pada tahun 2013 menjadi 3,8 juta penduduk di tahun 2022.

Bahkan pada Maret 2022, jumlah penduduk miskin turun 102,6 ribu orang dibandingkan dengan September 2021 dan turun 290,48 ribu orang dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. (cuy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bacawapres Pendamping Ganjar Hanya Masuk Pandangan Umum di Rakernas III PDIP


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler