Garuda Jaya Mimpi ke Piala Dunia

Minggu, 13 Oktober 2013 – 05:10 WIB
Selebrasi Pemain Tim Nasional Indonesia Evan Dimas Darmono (tengah) bersama Muhammad Hargianto (kiri) dan Muchlis Hadi Ning usai merobek gawang Korea Selatan saat pertandingan Kualifikasi grup G AFC Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Indonesia menang 3-2 FOTO: HENDRA EKA/JAWA POS

jpnn.com - JAKARTA - Setelah secara luar biasa menjuarai grup G kualifikasi Piala AFC U-19 dengan menundukkan Korea Selatan (Korsel) 3-2 (1-1) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, tadi malam, timnas U-19 Indonesia pun kini menatap putaran final yang akan dihelat di Myanmar pada Oktober tahun depan. Dalam satu bulan ke depan, pelatih Indra Sjafri akan menyiapkan materi untuk persiapan ke Myanmar.

Tapi, sebelum menjalani program persiapan itu, pelatih 50 tahun tersebut akan mengistirahatkan dulu Evan Dimas Darmono dkk selama sepekan.

BACA JUGA: Pingsan Saat Kejar Ketinggalan

"Para pemain sudah memberikan yang terbaik buat Indonesia. Biarlah kita bersama-sama menikmati ini dulu. Toh masih ada jarak waktu satu tahun sebelum putaran final dihelat," ujar Indra dalam jumpa pers seusai pertandingan tadi malam.

"Banyak yang akan kita perbuat. Tentu dengan catatan kalau kami masih dipercaya oleh federasi (PSSI) sebagai pelatih," lanjut pelatih asal Padang, Sumatera Barat, yang kontraknya hanya sampai akhir tahun ini tersebut.

BACA JUGA: Senang Tak Jadi Juru Kunci

Ada banyak hal yang ingin disiapkan Indra. Tapi, dirinya masih menunggu bagaimana nantinya format untuk timnas dari PSSI. Menurut dia, saat ini Badan Tim Nasional sedang merancang program untuk skuad Garuda Jaya -julukan timnas U-19- dan timnas lain. Baru dari format itu dia menyusun materi latihan.

Mengingat rentang persiapan ke putaran final yang panjang, satu hal yang ingin dipastikan Indra adalah terus mencari pemain terbaik di penjuru negeri. Seperti sebelumnya, dia ingin menggali bakat-bakat terpendam di daerah yang sekarang belum muncul.

BACA JUGA: Siapa Saja Pemain Terbaik Garuda Jaya, Ini Statistiknya

"Kami akan terus mencari, beri kesempatan. Saya yakin masih banyak pemain bagus di dalam negeri ini yang belum terpantau,"tuturnya.

Dengan raihan juara Piala AFF U-19 dan lolos ke putaran final Piala AFC U-19 dengan status juara grup, Indra berharap Evan Dimas dkk didukung dengan maksimal oleh federasi. Sebab, Garuda Jaya berada dalam trek yang tepat untuk terus memaksimalkan kekuatan menghadapi putaran final.

Dengan komposisi dan pencapaian ini, Indra yakin Garuda Jayaâ€"julukan timnas U-19â€"bisa berbicara lebih banyak ke depan. Dia pun yakin, para pemain tidak akan terbuai oleh kesuksesan sejauh ini.

"Apa yang terbaik akan kami presentasikan ke federasi untuk persiapan setahun ke depan, Mudah-mudahan bisa ikut Piala Dunia U-20 (biasanya disebut sebagai Piala Dunia Junior) 2015 nanti,"tuturnya.

Tiket ke Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru itu akan menjadi milik Garuda Jaya seandainya mereka minimal menembus semifinal di Piala AFC U-19 nanti. Kalau itu terwujud, berarti mereka mengulangi kesuksesan timnas junior Indonesia yang juga menembus putaran final Piala Dunia Junior pada 1979.  (aam/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Belanda Jadi Tim Tersubur, Van Persie Top Skor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler