Garuda Tak Gentar Lawan Gajah Putih

Charis Yulianto Dkk Optimistis ke Final

Kamis, 11 Desember 2008 – 08:15 WIB
JAKARTA - Perjuangan Indonesia menembus final Piala AFF 2008 tidak mudahSebagai runner-up grup A, pasukan Merah Putih bakal bersua juara grup B yang dihuni Thailand

BACA JUGA: Kejutan Panathinaikos untuk Yunani

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia tidak pernah bisa menang melawan tim Negeri Gajah Putih itu.

Selain lawan tangguh, jadwal semifinal juga tidak berpihak kepada Indonesia
Laga leg pertama bakal diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 16 Desember

BACA JUGA: AS Roma, Chelsea, dan Panathinaikos, Lolos 16 besar Liga Champions

Empat hari berselang (20/12), Charis Yulianto dkk harus bertolak ke Phuket untuk melakoni second leg semifinal


Meski harus melewati jalan terjal seperti itu, punggawa Indonesia tidak patah semangat

BACA JUGA: Hari Raya Imlek, Liu Bisa Berlari

''Pertandingan belum dijalankanKami masih punya harapanJadi, peluang kami masih sama dengan Thailand untuk maju ke final,'' kata Charis.

Melihat kiprah selama babak kualifikasi, Thailand jauh lebih meyakinkanTim besutan pelatih asal Inggris Peter Reid tersebut maraih hasil sempurnaYakni, tiga kali menang dan tanpa kebobolanLini depan Thailand pun menakutkan dengan donasi sebelas gol.

Di sisi lain, Indonesia lolos ke semifinal dengan pencapaian dua kali menang dan sekali kalahGawang pasukan Garuda juga tidak steril karena kebobolan dua gol saat melawan Singapura

Kendati begitu, Charis menegaskan bahwa dirinya dan pemain yang lain tetap bersemangat menyongsong laga melawan Thailand''Bertemu Thailand bukan sebuah akhirKami masih sangat optimis bisa melewati merekaKualitas kami tidak kalah dengan mereka,'' tandasnya.

Secara individu, para pemain Indonesia memang tidak kalah dibandingkan dengan ThailandMayoritas punggawa Merah Putih juga sudah kenyang pengalaman bertarung di turnamen internasionalJika tampil dengan kondisi prima dan semangat tempur tinggi, mereka sangat mengkin dapat menaklukkan Thailand.

''Kami sudah kalah dari Singapura di depan publik sendiriTentu kami tidak ingin melakukan kesalahan yang sama di semifinalKami akan bertarung habis-habisan untuk meraih kemenangan,'' tegas Firman Utina, gelandang timnas.

Semangat yang sama membubung di dada Budi SudarsonoStriker yang telah menyumbangkan empat gol di Piala AFF 2008 itu menyatakan bahwa peluang mengalahkan Thailand masih terbuka.

''Pemain yang ada di timnas saat ini mayoritas berusia di atas 27 tahunItu artinya, Piala AFF ini bisa jadi kesempatan terakhir kami di timnasJadi, kami ingin mengakhirinya dengan prestasi,'' ujar Budi(fim/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pellegrini Incar Selebrasi Laga Ke-50


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler