Gaya Kepemimpinan Rizal Ramli Dipuji Santri NU

Minggu, 07 Maret 2021 – 22:23 WIB
Tokoh nasional Rizal Ramli. Foto; Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Universitas Paramadina Herdi Sahrasad mengatakan, dikotomi antara Jawa dan non-Jawa dalam kepemimpinan nasional sudah usang dan tak relevan lagi.

Dia pun menyarankan, anak-anak bangsa bisa menggerus primordialisme, feodalisme, dan konservatisme, agar tidak menjadi katak dalam tempurung. 

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Gibran Mendadak jadi Buah Bibir, Jokowi Harus Bertindak, Ratusan Ribu Guru Agama Ancam Mogok

Dalam kaitan ini, menurut Herdi, gaya kepemimpinan tokoh nasional seperti Rizal Ramli yang tidak bersikap konservatif patut mendapat pujian. 

Bahkan, gaya kepemimpinan RR sejak lama didukung tokoh NU yaitu mendiang Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang berjiwa kosmopolitan dan humanis tulen.

BACA JUGA: Rizal Ramli: Ini yang Kami Sebut Demokrasi Kriminal

"Siapa yang didukung NU kultural akan menang (bukan semata NU struktural),'' kata Herdi kepada awak media, Minggu (7/3).

Menurutnya, kalangan santri nahdliyin dari NU mendukung dan menerima gaya kepemimpinan Rizal Ramli atau akrab disapa Gus Romli tersebut.

BACA JUGA: Gugatan Soal Ambang Batas Pencalonan Presiden Ditolak, Rizal Ramli Sebut Hakim MK Ketakutan

"Dia juga alumni kehormatan Pondok Pesantren Gontor dan anggota keluarga besar Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang," ujar Herdi. 

Dia mengatakan gaya kepemimpinan Rizal Ramli yang mengedepankan transparansi yang sebenarnya dicari mayoritas masyarakat Indonesia.

"Memang RR (Rizal Ramli, red) mungkin kurang Jawa untuk kultur Solo-Jogja, tetapi gaya artikulasi dan aksi yang RR lakukan sungguh transparan, jujur, terbuka dan hangat," sambungnya.

Jangan lupa, kata Herdi, pengalaman pahit getir dalam hidup telah membuat Rizal Ramli bakal memihak kepentingan rakyat kecil. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler