Gebyar Piala Dunia Baru Dimulai

Minggu, 25 Mei 2014 – 06:15 WIB
Bandara Internasional Sao Paulo Guarulhos, Brazil. Getty Images.

jpnn.com - GABRIELE da Silva tampak sibuk menggeser papan besar bertulisan Balcao de Transporte di Bandara Internasional Sao Paulo Guarulhos. Sesekali dia mengambil langkah mundur, kemudian melihat papan bertinggi dua meter dengan panjang tiga meter itu dari jarak agak jauh

"Sudah pas atau belum?" kata Gabi - panggilan Gabriele da Silva- kepada dua lelaki tegap yang berada di meja tidak jauh darinya. Meja tersebut juga dilapisi warna dan gambar yang sama dengan papan yang diutak-atik Gabi. Bedanya, meja itu bertulisan 2014 FIFA World Cup Brazil.

BACA JUGA: Nyaris Juara, Pelatih Atletico: Kami Tak Pantas Kecewa

Gabi dan kawan-kawan memang sedang menyiapkan pos informasi yang melayani transportasi khusus untuk Piala Dunia. Mereka menempatkan itu berdampingan dengan gerbang kedua pintu kedatangan internasional Guarulhos. "Letaknya di tempat strategis biar turis atau siapa pun yang berkepentingan dengan Piala Dunia bisa langsung ke meja kami," kata Gabi.

Aktivitas mereka tentu saja menjadi perhatian para penumpang. Sebab, pengerjaan meja informasi tersebut memang baru dimulai Minggu ini. Logo dan papan yang mencolok membuat mereka tertarik untuk melihat. Banyak di antara mereka yang berhenti sejenak untuk mengambil foto. "Akhirnya benar-benar mau dimulai ya Piala Dunia? Rasanya kok agak hopeless. Makanya, saya jadi tertarik saat mereka mengerjakan ini. Saya ingin memotret itu dan meyakinkan diri saya bahwa acara ini benar-benar mau digelar," kelakar Carolina Rodrigues, salah seorang penumpang.

BACA JUGA: Akhirnya, Real Madrid Raih La Decima

Rencananya, pembangunan yang sama juga dilakukan di gerbang kedatangan internasional yang lain di Guarulhos. Gabi me­ngatakan, kelengkapan Piala Dunia itu bakal serentak siap melayani pelancong gila bola pada 2 Juni mendatang alias 10 hari sebelum kickoff. "Saat itu kami sudah all-out melayani para tamu," katanya.

Sao Paulo adalah kota yang dipilih oleh beberapa tim Piala Dunia. Iran, Portugal, Pantai Gading, dan AS sudah memutuskan kota yang memiliki banyak fasilitas kebugaran bintang lima itu sebagai home base.

BACA JUGA: Sundulan Ramos Bawa Laga ke Babak Tambahan

Gabi mengungkapkan, pada H-10 kickoff Piala Dunia itu, sebagian besar yang datang dari "kloter" para awak media dan tim peserta.

Pemerintah setempat bisa bernapas sedikit lega karena Guarulhos bakal siap saat Piala Dunia. Sebab, terminal baru akhirnya rampung beberapa waktu lalu. Terminal tersebut akan mengurai padatnya antrean penerbangan turis Piala Dunia. Sayangnya, tidak demikian halnya dengan Bandara Viracopos. Pembangunan bandara pendukung Guarulhos yang berada sedikit di luar Sao Paulo itu justru dihentikan karena isu keselamatan kerja.

Bandara Sao Paulo merupakan salah satu bandara paling sibuk di Amerika Selatan. Terminal baru di Guarulhos diperbaiki sejak Februari 2012, kemudian dibuka lagi menjelang tenggat waktu penyelesaiannya.

Arsitek proyek pembangunan tersebut mengatakan, kaca-kaca dan berbagai bangunan interior terminal itu terinspirasi bangunan rancangan Asia sehingga kelihatan bernuansa Asia. Penerbangan Lufthansa merupakan pesawat pertama yang mendarat di terminal baru itu dan disebutkan ada 12 penerbangan asing yang akan tiba pada hari perdana. (aga/c4/kim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ibaka Pulih dari Cedera, Spurs Waspada


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler