Gelar Bazar Kecantikan, Tokopedia Hadirkan Koleksi Brand Lokal Terbaik

Kamis, 05 September 2024 – 20:43 WIB
Tokopedia menggelar ‘For You Beauty Fair’ di Laguna Atrium, Central Park Mall dan online pada 2-8 September 2024 melalui aplikasi dan ShopTokopedia pada TikTok. Foto: Tokopedia

jpnn.com, JAKARTA - Platform ecommerce Tokopedia menggelar ‘For You Beauty Fair’ di Laguna Atrium, Central Park Mall dan online pada 2-8 September 2024 melalui aplikasi dan ShopTokopedia pada TikTok.

Acara tersebut digelar karena melihat perkembangan industri kosmetik Indonesia yang semakin berkembang.

BACA JUGA: 125 Produk UMKM Siap Meriahkan Festival Beli Lokal Tokopedia

Secara komposisi 95% pelaku usaha kosmetik lokal merupakan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang tercatat mampu menyerap tenaga kerja sekitar 59.886 orang pada 2022,

Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz mengatakan dalam mendukung perkembangan pelaku usaha kategori produk Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Diri, pihaknya mengadakan event ‘For You Beauty Fair’.

BACA JUGA: Kampanye ‘Tokopedia Coffee Fest’ Dongkrak Penjualan Pelaku UMKM Kopi Hingga 50 Persen

Menurut dia acara ini menghadirkan puluhan pelaku usaha terutama brand lokal dari industri kecantikan, kesehatan, dan perawatan diri.

Termasuk Facetology, Somethinc, Crusita, H&H Skincare, NPURE, True to Skin, Iswhite, ESQA Cosmetics, Emina Cosmetics, Guèle Cosmetics, Noera by Reisha, Madame Gie Cosmetics, Kahf dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Dorong Budidaya Kopi Berkelanjutan di Indonesia, Tokopedia & PMO Kopi Nusantara Bersinergi

"Dari deretan pelaku usaha yang berpartisipasi dalam kampanye online dan offline For You Beauty Fair yang digelar oleh Tokopedia dan ShopTokopedia, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan, kesehatan dan perawatan diri seperti foundation, cushion, facial wash, lipstick, serum, toner, multivitamin, dan masih banyak lagi," tambah Rizky.

Selain itu, ada berbagai aktivitas yang dapat diikuti pengunjung pada kegiatan offline, termasuk hair styling demo, beauty talk show, make up class, live streaming di booth ShopTokopedia.

Selama acara berlangsung, masyarakat bisa memanfaatkan berbagai promo, seperti flash sale hingga 90%, diskon besar-besaran serta beragam hadiah menarik bagi Top Spender dan games seperti Spin The Wheel.

Selain menghadirkan kampanye For You Beauty Fair, Tokopedia dan ShopTokopedia konsisten memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha lokal di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh lewat kampanye rutin Tokopedia Beauty.

Mereka juga menyelenggarakan ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards agar produk kecantikan dan perawatan diri lokal menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Ada pula kampanye Beli Lokal yang mengusung brand lokal dari berbagai kategori agar menjadi pilihan utama masyarakat.

"Kampanye Beli Lokal terbukti membantu mendongkrak penjualan. Contohnya, kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh mengalami kenaikan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia," jelar Rizky.

 Sedangkan di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, tercatat deretan produk yang paling diburu masyarakat di berbagai kategori lewat kampanye Beli Lokal.

Misalnya, dalam kategori Kecantikan di ShopTokopedia, produk-produk yang terlaris adalah moisturizer atau pelembab wajah, masker wajah, lipstick dan lipgloss, sunscreen atau krim tirai matahari, dan parfum.

“Agar belanja harian masyarakat semakin hemat, Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan Promo Guncang 9.9 dengan Flash Sale Rp 9.000 yang berlangsung setiap hari sampai tanggal 9 September 2024, Bebas Ongkir,” ujar Rizky.

Melalui berbagai inisiatif yang dilakukan, Tokopedia dan ShopTokopedia mendorong pertumbuhan penjualan para pelaku usaha di berbagai daerah di Indonesia, dan turut berkontribusi pada tren belanja online masyarakat sekaligus perekonomian tanah air.

“Di Tokopedia sendiri, khususnya pada kategori Kecantikan, beberapa produk yang terlaris selama kuartal II 2024 adalah krim wajah, toner, cleanser, serum wajah hingga krim tirai matahari. Sedangkan di ShopTokopedia pada kategori Kecantikan, serum, pelembap wajah, masker wajah, lipstick dan paket skincare adalah beberapa produk yang paling diburu masyarakat,” tutur Rizky.

Di sisi lain, Tokopedia mencatat sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh sepanjang kuartal II 2024 dibandingkan kuartal II 2023, antara lain Lampung, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I. Yogyakarta, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat.

 “Sementara di ShopTokopedia selama kuartal II 2024, sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh yaitu Sumatra Selatan, Lampung Jawa Timur, Bali hingga Nusa Tenggara Barat dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat,” tutup Rizky. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PHK Tokopedia Jangan Dijadikan Isu untuk Menjatuhkan Perusahaan


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler