Gelar Khitanan Massal, DWP PAM Jaya Edukasi Air Bersih untuk Anak-Anak Jakarta

Minggu, 17 Desember 2023 – 04:00 WIB
Dharma Wanita Persatuan (DWP) PAM Jaya menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal. Foto: dokumentasi PAM Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Dharma Wanita Persatuan (DWP) PAM Jaya menyelenggarakan kegiatan khitanan massal sekaligus mengedukasi penggunaan air bersih kepada ratusan anak-anak sekolah di Jakarta.

Khitanan massal yang diberikan secara gratis itu diikuti 162 anak laki-laki di Kelurahan Pondok Kopi, Kelurahan Ujung Menteng, dan Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur.

BACA JUGA: Kejar Target 100 Persen Layanan Air, PAM Jaya Seleksi Ribuan Pelamar Kerja

Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan ada sisi sosial yang harus dilakukan, salah satunya khitanan massal ini.

“Kami juga memberikan edukasi ke anak-anak terkait penggunaan air bersih, karena mendapatkan air bersih di Jakarta itu tidak mudah. Sumber air bersih di Jakarta ini bergantung kepada luar Jakarta.,” ujar Arief dalam keterangannya, Sabtu (16/12).

BACA JUGA: Lewat Cara Ini PAM JAYA Ajak Masyarakat Sadari & Deteksi Dini Kanker Payudara

Ketua DWP PAM Jaya Lya Arief menuturkan para peserta khitanan massal mendapatkan uang saku, peralatan sekolah, sarung, serta kaos.

"Seperti diketahui, khitan, selain sebagai perintah agama bagi para muslim, juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti menghindari risiko penyakit menular, mencegah infeksi saluran kemih, bahkan mencegah kanker," kata dia.

BACA JUGA: Stafsus Presiden Jokowi: Jangan Lupa Pilih Pak Ganjar, Ya

Dalam kegiatan khitanan massal itu, lanjutnya, Dharma Wanita PAM Jaya juga memberikan pendampingan dan penyuluhan terkait pentingnya menjaga kesehatan serta higiene pribadi setelah menjalani khitan.

Hal itu bertujuan agar anak-anak yang menjalani khitanan dapat merawat lukanya dengan baik dan meminimalkan risiko infeksi.

"Kebahagiaan warga Jakarta Timur juga terus diupayakan PAM JAYA melalui upaya penyediaan air perpipaan," tutur Lya.

PAM Jaya sebagai penyedia air perpipaan di Jakarta telah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk mencapai target 100 persen cakupan pelayanan pada 2030.

Salah satu SPAM yang dibangun adalah SPAM Regional Jatiluhur 1 yang meliputi enam kelurahan, yakni Kelurahan Pondok Kopi, Kelurahan Cilincing, Kelurahan Rorotan, Kelurahan Cakung Barat, Kelurahan Cakung Timur, dan Kelurahan Ujung Menteng.

Di Jakarta Timur, PAM Jaya menargetkan sebanyak 19.442 sambungan baru melalui program SPAM Regional Jatiluhur 1. Seperti halnya khitan, penyediaan air yang terjamin secara kualitas juga penting bagi kesehatan.

Sebagai informasi tambahan, setiap tetes air yang diproduksi PAM JAYA memenuhi standar Permenkes Nomor 2 Tahun 2023 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Intervensi penyediaan air minum, sanitasi yang layak serta perubahan perilaku berkontribusi 70 persen dalam pencegahan stunting. (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... IKN dan Era Baru Pulau Kalimantan


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler