Gelar VokasiFest 2024, Kemnaker Siapkan SDM Indonesia yang Unggul dan Berdaya Saing

Jumat, 16 Agustus 2024 – 08:37 WIB
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor hadir di acara pembukaan VokasiFest 2024 bertema 'Menapaki Masa Depan Profesional' yang berlangsung di BBPVP Bandung, Kamis (15/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar VokasiFest 2024 bertema 'Menapaki Masa Depan Profesional'.

Kegiatan tersebut digelar Kemnaker dalam rangka akselerasi penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA: Sekjen Kemnaker Ingatkan Pengantar Kerja Harus Punya Kemampuan Sesuai Era Digital

VokasiFest 2024 berlangsung di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung, Jawa Barat pada 14-16 Agustus 2024

VokasiFest 2024 menawarkan berbagai kegiatan menarik, termasuk job fair, trial class, talkshow, sertifikasi gratis, konsultasi produktivitas, konsultasi kelembagaan, bazar Bulog dan UMKM, fun walk, kompetisi perkusi SMA/SMK se-Bandung Raya, serta pertunjukan musik.

BACA JUGA: Dirjen Pendidikan Vokasi Demo Masak di Vokasifest x Festival Kampus Merdeka

"VokasiFest ini merupakan bentuk orkestrasi semua stakeholders di bidang ketenagakerjaan, terutama dalam hal penyiapan SDM yang kompeten sesuai kebutuhan pasar kerja sebagaimana amanat Perpres 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi," kata Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor saat membuka VokasiFest 2024, Kamis (15/8).

Wamenaker Afriansyah Noor berharap digelarnya VokasiFest ini menjadi media yang tepat untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

BACA JUGA: Vokasifest x Festival Kampus Merdeka jadi Wadah Pengembangan SDM Unggul

Mulai dari rebranding BLK, menyosialisasikan keberadaan BBPVP Bandung, menyosialisasikan keberadaan lembaga sertifikasi profesi di BBPVP Bandung, memperkenalkan hasil produk pelatihan BBPVP Bandung, dan memfasilitasi para pencari kerja untuk memasuki dunia kerja.

Dia menilai BBPVP memiliki peran penting menjembatani antara pendidikan dan dunia kerja atau transition school to work, yakni melakukan inovasi dengan menyediakan trial class dalam acara VokasiFest ini sehingga masyarakat bisa mencoba langsung program Pelatihan Berbasis Kompetensi yang saat ini dijalankan BBPVP Bandung.

"Kami berharap seluruh masyarakat yang hadir pada acara ini, baik dari dunia usaha dan dunia industri atau pun dari pihak instansi pemerintah lainnya, agar dapat memanfaatkan keberadaan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas kami ini dengan semaksimal mungkin," ujar Wamenaker Afriansyah. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler