Gelora Luncurkan Gerakan GEN-170 Guna Mengatasi Masalah Stunting

Rabu, 22 Desember 2021 – 22:11 WIB
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia M Anis Matta meluncurkan gerakan GEN-170 guna mengatasi masalah stunting di Indonesia. Kegiatan itu dipusatkan di Tangsel, Banten, Rabu (22/12). Foto: dok Partai Gelora

jpnn.com, TANGSEL - Partai Gelora Indonesia memperingati Hari Ibu dengan meluncurkan gerakan nasional GEN-170 yang dipusatkan di Kota Tangerang Selatan, Banten.

Secara bersamaan, Gerakan GEN-170 diikuti oleh 34 DPW Partai Gelora seluruh provinsi dengan menghadirkan sekitar 1700 orang ibu hamil dan batita.

Ketua Umum Partai Gelora Indonesia M Anis Matta menjelaskan GEN-170 adalah satu gagasan agar ke depan manusia Indonesia memiliki tinggi rata-rata 170 cm.

BACA JUGA: Partai Gelora: UMKM Pilar Ekonomi Bangsa

"Ini postur yang sehat, kuat, dan punya indikasi kecerdasan lebih baik," ucapnya.

Dia menyebut jika bangsa ini ingin merancang Indonesia menjadi kekuatan kelima di dunia, maka harus mulai dari merancang kualitas manusianya.

"Generasi 170 cm yang disingkat GEN-170 menjadi ukuran fisik yang bisa dan harus dicapai," ujar Anis Matta.

BACA JUGA: 4 Fakta Kasus Mbak SS: Kenal di Medsos hingga Diajak ke Apartemen di Surabaya, Terjadilah

Anis menguraikan bahwa ide tersebut menjadi tanggung jawab negara karena berkaitan dengan distribusi kesejahteraan sosial yang terkait nutrisi, kesehatan, dan pendidikan.

"Ide kami adalah negara menjalankan kebijakan untuk menjamin nutrisi yang cukup bagi manusia Indonesia sejak di dalam kandungan ibunya," tutur mantan politikus Senayan itu.

BACA JUGA: Ada Isu Tak Sedap Jelang Muktamar NU, Ketua KPK kepada Irjen Karyoto: Tolong Dilacak

Kemudian, negara juga harus menjamin terpenuhinya nutrisi anak sejak kelahiran sampai 1.000 hari masa pertumbuhannya.

"Maka, bukan hanya kepada anak dijamin asupan nutrisi, tetapi juga kepada ibu hamil dan menyusui," ujar Anis di hadapan Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie yang hadir pada kegiatan itu.

Dia juga mengungkapkan bagaimana kemajuan negara Jepang dan Korea Selatan seusai Perang Dunia II, yang juga dimulai dengan merencanakan perbaikan manusia mereka.

"Sekarang, rata-rata tinggi orang Jepang dan Korea Selatan di atas 170 cm dan tingkat kecerdasan mereka juga mengalami lompatan," kata Anis Matta.

BACA JUGA: Eks Kapolsek Kebayoran Baru Menggugat Kapolda & Kapolri, Kombes Zulpan Berkata Begini

Ketua DPN Partai Gelora Bidang Perempuan Ratih Sanggarwati menerangkan tema Gelorakan GEN-170 diambil guna menyikapi masih tingginya angka kematian ibu, bayi, dan kasus stunting pada balita.

"Kami prihatin dengan masih tingginya tingkat prevalensi balita stunting di Indonesia," kata Ratih.

Menurut Ratih, data 2019 menunjukkan angka prevalensi balita stunting sebesar 27,7 persen dengan 5 provinsi berada di atas angka nasional.

BACA JUGA: Partai Gelora Gelar Aksi Nyata Mengatasi Perubahan Iklim

Sementara data Bank Dunia 2020 menyatakan Indonesia berada pada urutan ke 115 dari 151 negara di dunia. "WHO juga menargetkan prevalensi stunting tidak melebihi angka 20 persen di tiap negara," ucapnya.

Ratih menekankan melalui gerakan nasional itu, Partai Gelora akan berkontribusi melakukan program edukasi dan pelayanan nutrisi bagi ibu hamil dan batita di semua provinsi.

Partai Gelora juga akan mengelola program itu melalui kelompok PIPI atau Pintarnya Perempuan Indonesia yang tersebar di semua kecamatan.

"Kami ingin berkolaborasi untuk memperbaiki generasi manusia Indonesia ke depan," ujar mantan peragawati yang memiliki tinggi 173 cm itu. (fat/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler