Gempa Bumi Goncang Bima dan Gorontalo

Sabtu, 08 Mei 2010 – 15:35 WIB
JAKARTA— Rentetan  gempa tektonik kembali menghantam kawasan timur Indonesia, Sabtu (8/5)Gempa pertama terjadi pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut sekitar 68 kilometr arah barat laut Kecamatan Raba, Bima, NTB

BACA JUGA: KUPANG: 3 Tahun Nol Persen, Sekolah Ditutup

Gempa ini berkekuatan 5,9 skala Richter (SR)  terjadi sekitar pukul 11.22 Wita
Sekitar satu jam kemudian tepatnya pukul 12.20 Wita, gempa susulan terjadi tak jauh dari lokasi pertama

BACA JUGA: LOMBOK: 48 Siswa Dapat Nilai 10

Gempa susulan ini lebih kecil yakni 5,1 SR dengan kedalaman yang sama di 72 kilometer arah barat laut Kecamatan Raba, Bima.

Belum diketahui secara pasti jumlah korban fenomena alam ini
Namun Badan Meteorologi dan Geofisika setempat memastikan rentetan gempa ini tidak  berpotensi tsunami.

Meskipun potensi gempa susulan masih mungkin terjadi tapi diperkirakan dengan kekuatan yang terus menurun

BACA JUGA: MIMIKA: Satu Sekolah Tak Lulus 100 Persen

"Informasi yang kami peroleh dari pusat gempa regional III Denpasar, gempa susulan sampai jam 15.45 Wita terjadi sekitar tujuh kali dengan kekuatan 5,1 SR satu kali, antara 4-5 SR tiga kali dan di bawah 4 SR tiga kali," ujar Kepala Stasiun BMG Selaparang, Mataram NTB,  Trikumara, kepada JPNN melalui pesan singkat selulernya, Sabtu (8/5) siang.

Dikatakan ini merupakan pergerakan lempeng, utara yang melintang dari Bali kearah timur hingga Flores, NTT.

Sementara itu  sekitar pukul  13.39 Wita, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pusat melaporkan gempa serupa terjadi 165 kilometer arah barat daya Gorontalo, Sulawesi UtaraPergeseran kerak bumi ini berkekuatan sekitar  5,8 SR dengan kedalaman 10 km di bawah permukaan laut.  Sama halnya dengan yang terjadi di NTB gempa ini tidak berpotensi Tsunami.

Sejak awal Mei ini, frekwensi terjadinya gempa di Indonesia cukup meningkat terutama di kawasan timur1 Mei lalu tercatat gempa berkekuatan 5, 1 dan 5,3 SR, terjadi di Gorontalo dan Sumbawa NTB4 Mei, gempa 5,2 kembali terjadi di Gorontalo, ini disusul gempa 6,3 dan 5,0 SR yang melanda barat daya Lais, Bengkulu pada tanggal yang sama.

Tanggal 6 dan 7 Mei gempa serupa terjadi di di Selat Mentawai, Sumatera Barat, Molonguane, Sulawesi Utara  dan arah barat Daya Kupang, NTT.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemungkinan Gubernur Kepri Dicopot Pekan Depan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler