Gempa Sichuan karena Waduk

Hasil Kajian Peneliti Tiongkok dan AS

Kamis, 05 Februari 2009 – 06:23 WIB
BEIJING - Ini temuan terbaru terkait dengan gempa bumi di Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, tahun lalu yang menelan korban lebih dari 80 ribu meninggalIlmuwan Negeri Panda dan dari Paman Sam meyakini, keberadaan waduk raksasa Zipingpu yang hanya 0,5 kilometer dari patahan lempeng dan sekitar 5 kilometer dari pusat episentrum punya andil dalam bencana dahsyat itu.

Dam Zipingpu yang berketinggian 156 meter sanggup menampung sekitar 315 juta ton air

BACA JUGA: Kyrgyzstan Tutup Pangkalan AS

Volume air yang demikian besar plus dentuman gelombang air yang menghantam batu-batu karang tersebut diprediksi memperbesar tekanan terhadap patahan lempeng
Akibatnya, terjadi tekanan tektonis

BACA JUGA: Mesin Cuci Maut Telan Nyawa Bocah

Itulah yang memicu terjadinya gempa.

''Ada banyak contoh kasus pergerakan air waduk yang bisa menyebabkan gempa,'' kata Fan Xiao, peneliti dari Biro Geologi dan Mineral Sichuan di Chengdu, seperti dilansir Telegraph kemarin (4/2).

Berdasar kajian Fan dan timnya di sekitar kawasan bencana, gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter itu tampak tak wajar di wilayah tersebut
''Tak ada aktivitas seismik yang lebih besar dari gempa bermagnitude tujuh sepanjang seismic belt sebelumnya,'' sambung Fan.

Ada sekitar 400 bendungan di sekitar zona gempa

BACA JUGA: Rudal Korut Terarah ke Jepang

Namun, yang terdekat adalah ZipingpuPara pakar telah mengingatkan pemerintah akan bahaya waduk berskala besar yang dapat meningkatkan aktivitas tektonik di wilayah sekitarnya itu, tetapi tak digubris.

''Saya tidak hanya menentang pembangunan Waduk Zipingpu, melainkan juga pembangunan waduk di Sungai Minjiang,'' kata FanDi sungai tersebut, telah dibangun sekitar 10 bendungan, lalu 29 yang lain di anak sungai, dan banyak lagi bendungan berskala kecil yang mengeblok aliran sungai''Ini berbahaya bagi geologi lokal,'' tegas Fan.

Gempa di Provinsi Sichuan terjadi pada Mei tahun laluGempa dahsyat 7,9 Skala Richter itu tidak hanya menelan korban puluhan ribu jiwaSejumlah kota juga dilaporkan ''terhapus" dari peta karena seluruh bangunan rata dengan tanah(ape/ami)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tukang Pos Sekaligus Politikus Terkenal di Prancis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler