Gempa, Warga Padangsidimpuan Berhamburan Keluar Rumah

Sabtu, 16 September 2017 – 18:37 WIB
Grafik gempa. Foto: JPG

jpnn.com, PADANGSIDEMPUAN - Gempa bumi dengan kekuatan 5,0 skala Richter kembali mengguncang wilayah Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Jumat (15/9) malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) mencatat lokasi gempa tepatnya berada pada kedalaman 187 kilometer dengan lokasi 1.43 LU-99,37 BT, atau 12 kilometer Timur Laut Padangsidimpuan.

BACA JUGA: Gempa di Padangsidempuan, 60 Rumah Rusak dan 1 Warga Terluka

Gempa tersebut tak berpotensi tsunami. Sementara mengenai ada tidaknya kerusakan maupun korban akibat gempa belum diketahui.

Namun, warga yang merasakan getaran sempat berhamburan keluar rumah. Mereka masih trauma dengan gempa 5,5 SR yang terjadi pada Juni 2017 lalu.

BACA JUGA: Gempa Susulan 4,6 SR Kembali Guncang Padangsidempuan

“Saya tadi sempat syok dan membawa keluarga saya keluar rumah,” kata Parlagutan (37) seorang warga Kampung Jawa, Kota Padang Sidimpuan, Jumat (15/9) malam.

Begitu gempa terjadi, Parlagutan bersama istrinya yang menggendong anak langsung lari keluar rumah.

BACA JUGA: Gempa Bumi 5 SR Guncang Padangsidempuan

“Saya berharap semoga saja tidak ada lagi bencana yang menimpa Sidempuan Kota Nauli ini,” ujar Lagut.

Warga Padang Sidimpuan umumnya masih trauma dengan gempa 5,5 SR yang terjadi pada 14 Juli 2017. Gempa itu menewaskan seorang warga dan merusak sejumlah bangunan.

Kharina Harahap (40), pemilik warung nasi di Pasar Sagumpal Bonang, Kota Sidimpuan salah satunya. Ia masih khawatir saat gempa, karena sebelumnya sempat melihat bangunan roboh sewaktu gempa dua bulan silam.

Maka, begitu gempa terjadi sekira pukul 19.36 WIB tadi, dia langsung kaget.

“Saya sempat berdiri di depan warung lihatin gedung pasar, takut ada yang roboh,” ujar Kharina.

BMKG mencatat gempa 5 SR yang dirasakan warga Kota Padangsidimpuan berpusat di 12 kilometer arah timur laut Padang Sidimpuan. Gempa dengan kedalaman 187 Km dipastikan tidak menimbulkan gelombang tsunami. (syaf)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gempa 4,8 Skala Richter Kembali Mengguncang Poso


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler