Gendhis Terbakar, Dahlan Iskan Tak Marah

Selasa, 26 November 2013 – 10:27 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan kehilangan salah satu mobil listrik kebanggaanya yang diberi nama Gendhis. Mobil berwarna merah putih itu terbakar Sabtu (23/11) malam. Meski mobil buatan anak bangsa itu terbakar, mantan Dirut PLN ini sama sekali tak menyalahkan petugas yang telah melakukan kesalahan hingga menyebabkan terbakar. Sebab Dahlan tahu bahwa petugas tersebut tidak terlalu paham tingkat keterisian baterai.

"Petugas tersebut tidak tahu kalau listriknya masih penuh. Dia charge dan dia tidak lihat level isinya, itulah yang terbakar," terang Dahlan melalui keterangan tertulisnya, Senin (25/11).

BACA JUGA: KPK Dianggap Canggung Usut Kasus Suap SKK Migas

Dahlan juga jelaskan bahwa Gendhis berwarna merah putih itu tidak termasuk yang dipamerkan, karena memang masih dalam tahap penyempurnaan. Berbeda dengan Selo dan dua Gendhis lainnya yang sudah dilakukan tahap penyempurnaan.

"Mobil itu masih akan dipasang satu alat otomatis yang bisa stop sendiri kalau baterainya sudah penuh. Kalau Selo dan dua Gendhis lainnya sudah dipasangi alat otomatis itu sehingga tidak terjadi apa-apa. Petugas tersebut tidak tahu mana yang sudah otomatis dan mana yang belum. Memang bukan bidang dia," aku Dahlan.

BACA JUGA: Mantan Deputi Gubernur BI Dicecar Soal Rapat FPJP Century

Pria berusia 62 tahun ini justru berterimakasih pada petugas itu karena sudah mengambil langkah yang cekatan dengan memanggil pemadam kebakaran dan sudah berusaha mendorong 'Gendhis' keluar gudang, supaya api tidak merambat ke mobil listrik lainnya.

"Saya tidak akan menyalahkannya. Inisiatif yang bagus dari petugas tersebut tidak boleh dimatikan. Ini saya anggap bagian pahit yang harus dilalui.

BACA JUGA: Hari Ini, Istri Anas Urbaningrum Siap Penuhi Panggilan KPK

Apalagi petugas itu juga sangat bertanggungjawab. Melihat ada asap, dia dorong mobil itu ke luar gudang. Didorong ke lapangan rumput di sebelah gudang. Lalu dia hubungi pemadam kebakaran. Dia hubungi polisi, karena atasan-atasan dia tidak ada yang di tempat karena memang sudah jam 9 malam lebih kejadiannya," bebernya.

Warga sekitar yang mengetahui Gendhis terbakar juga langsung ikut membantu mengeluarkan Gendhis ke lapangan terdekat. "Karena lokasi baterai berada di bawah, petugas itu dibantu warga sekitar untuk menggulingkan mobil tersebut. Agar bisa mematikan api di bagian bawah. Akhirnya api berhasil dipadamkan dan interior mobil tidak ikut terkabar," tutup Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat itu. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sistim Pensiun PNS Diubah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler