Genjot Literasi Keuangan, SF Sekuritas Edukasi Mahasiswa di 34 Provinsi

Sabtu, 10 Desember 2022 – 13:07 WIB
SF Sekuritas meluncurkan SFAST, aplikasi pintar yang memudahkan siapa pun termasuk millenial dan Gen-Z untuk berinvestasi saham dan reksadana. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Edukasi kepada generasi Z atau Gen-Z tentang literasi keuangan sangat penting di tengah berbagai tawaran investasi yang di kemudian hari tidak bisa dipertanggungjawabkan atau bodong.

Hal ini juga untuk meningkatkan kepercayaan mereka terhadap industri keuangan digital.

BACA JUGA: RHB Banking Group Targetkan Raih Posisi 10 Sekuritas Terbaik di Indonesia

"Karena itu dibutuhkan edukasi dan literasi keuangan, serta Digital Trust System, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat," kata Direktur Utama SF Sekuritas Steffen Fang dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (9/12).

Dibutuhkan pula cara atau teknologi untuk berinvestasi dengan aman, mudah digunakan, bisa diakses kapan pun, di mana pun, didukung edukasi dan komunitas yang terpercaya.

BACA JUGA: Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah, BSI Luncurkan Program Muda Berbagi

Untuk menjawab permasalahan tersebut, SF Sekuritas meluncurkan SFAST, aplikasi pintar yang memudahkan siapa pun termasuk millenial dan Gen-Z untuk berinvestasi saham dan reksadana dengan aman, kapan pun, di mana pun, dalam satu genggaman.

"Karena itu SFAST hadir sebagai smart app untuk mempermudah masyarakat dalam berinvestasi, apalagi saat ini investasi sudah jadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk mewujudkan tujuan keuangan yang lebih baik,” ungkap Steffen.

BACA JUGA: BNC Bersama Para Apoteker Gencarkan Edukasi Literasi Keuangan di Tanah Air

Aplikasi ini memiliki lima keunggulan, yakni adanya pilihan produk beragam, termasuk saham dan reksadana yang ada dalam satu genggaman. Kedua, aman terpercaya karena terdaftar serta diawasi OJK dan BEI juga dikembangkan perusahaan yang memiliki pengalaman dalam dunia keuangan. 

Ketiga, user friendly yakni adanya interface kekinian, mudah digunakan oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun. Keempat, pendaftarannya mudah dan bisa dilakukan secara online, praktis, mudah dan cepat. 

"Dan yang kelima, informatif karena selalu up to date dengan notifikasi rekomendasi saham berdasarkan analisis dari para profesional yang sudah berpengalaman," sambungnya.

SFAST saat ini juga terus berkembang menuju Super App industri keuangan dengan multi produk investasi. Mulai dari saham, e-ipo, reksadana, obligasi, securities crowdfunding, dan produk investasi lain yang nantinya bisa nasabah peroleh dalam satu genggaman.

Melalui SFAST, SF Sekuritas hadir untuk mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda agar lebih memahami investasi di pasar modal. Edukasi pasar modal ini dilakukan ke berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia melalui program SOLUSI Pasar Modal (Sistem-Kolaborasi-Literasi-EdukasiInklusi dan Inkubasi). 

SOLUSI Pasar Modal merupakan sebuah sistem kolaborasi yang menghubungkan dunia industri dan pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang unggul di bidang keuangan dan pasar modal. Program ini mengadopsi model Praktisi Mengajar di mata kuliah yang relevan. 

Pengajaran dilakukan dengan cara hybrid learning melalui LMS (Learning Management System), praktek studi kasus, serta kompetisi analisis saham secara berkala. Lewat program ini, peserta juga bisa mendapatkan kesempatan magang di industri.

Terkait hal itu, pihaknya juga melakukan Memorandum of Understanding (MoU) program SOLUSI yang ditandatangani secara bersamaan oleh perguruan tinggi, sekolah, dan komunitas yang diwakili oleh Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta, STIE YKPN Yogyakarta, STIAB Smaratungga Jawa Tengah, dan komunitas SIDDHI (Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia).

Istimewanya, untuk perguruan tinggi, sekolah dan komunitas yang berlokasi di luar Jakarta yaitu Medan, Palembang, Boyolali, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar dilakukan melalui metaverse.

"Program ini menargetkan para pelajar dan mahasiswa di 34 provinsi sehingga terjadi pemerataan pengetahuan dan literasi keuangan di seluruh penjuru Indonesia," pungkasnya. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler