Genjot Program Unggulan, Menteri Rini Dinilai Mampu Terjemahkan Nawacita Jokowi

Senin, 19 Oktober 2015 – 18:06 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno ketika meninjau lokasi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Sabah Balau, Tanjungbintang, Lampung Selatan, Rabu (27/5). Selain itu, Menteri Rini juga meninjau lokasi JTSS di Bakauheni, Lampung Selatan. Foto: Alam/Radar Lampung/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pakar politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Fachri Ali menilai kinerja Menteri BUMN Rini Soemarno dalam satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sudah cukup bagus.

Fachri mengatakan demikian karena menurutnya Menteri Rini telah mampu menerjemahkan kinerja sesuai UUD 45 Pasal 33 yang mengatur tentang pengertian perekonomian, pemanfaatan SDA, dan prinsip perekonomian nasional. 

BACA JUGA: Jokowi Dinner Bareng Para Pemain Piala Presiden, Ini Fotonya...

Artinya, lanjut Fachri, sebagai menteri dia menghadirkan negara melalui BUMN yang aktif di dalam pembangunan.

"Selain itu, misi Rini dalam mengelola BUMN juga menjadi bukti dia mampu menerjemahkan Nawacita Presiden Jokowi yang menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur," kata Fachri Ali, dalam keterangan resminya, Senin (19/10).

BACA JUGA: PAN Serahkan 5 Nama Calon Menteri, Bisa Menkopolhukam atau Jaksa Agung

Menurut Fachri, salah satu yang paling mencolok dalam pembangunan infrastruktur adalah proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung.

Proyek itu, kata dia, jelas mensinergikan BUMN bukan hanya antar BUMN Indonesia, tetapi juga BUMN Tiongkok, karena konsorsium itu berlangsung sinergi antara Indonesia dan Tiongkok.

BACA JUGA: Calon TKI Bersyukur Bisa Berangkat Tanpa Biaya Penempatan

"Itu belum pernah terjadi sebelumnya. Di bawah Rini sebagai Menteri BUMN, negara hadir dengan lebih "kereng", lebih jelas, bahwa BUMN itu ada misi, bukan sekadar misi ekonomi pasar, tetapi konstitusional. Itu yang saya lihat," ujarnya

Kemudian, kata dia, tentang Penyertaan Modal Negara ke BUMN. Hal itu diusahakan betul oleh Rini, dalam rangka penguatan BUMN sebagai bentuk nyata mewujudkan Nawacita.

"Presiden Jokowi kan Nawacita-nya pembangunan infrastruktur, nah lalu kemudian diusulkan agar Bank Mandiri dapatkan PMN, dan maksudnya tentu saja agar bank mandiri bisa ikut berperan dalam pembangunan infrastruktur. Bank Mandiri itu memang untung, tetapi ketersediaan kapital mandiri tidak memadai untuk pembangunan infrastruktur," jelasnya.

Menurut Fachri, kalau BUMN seperti Bank Mandiri tetap melakukan support atas pembangunan infrastruktur tetapi tanpa adanya PMN, tentu akan menjadi ilusi.

"Maka dari itu harus dibantu oleh APBN melalui PMN. Kemudian Rini mendorong Bank Mandiri sebagai BUMN ikut membiayai infrastruktur," tukasnya.

Hal itu menurut Fachri sangat penting karena selama ini pembangunan infrastruktur adalah satu hal yang sangat dihindari oleh perusahaan swasta. Sebab, pembangunan infrastrukutur itu tidak membuahkan penghasilan atau keuntungan yang cepat.

"Misalkan pembangunan pelabuhan, bandara dll. Itu keuntungannya jangka panjang. Karena keuntungannya butuh jangka panjang dan swasta biasanya menghindari. Itulah yang kemudian mendorong BUMN harus masuk. Itu yang saya lihat dilakukan oleh Rini sebagai terobosan dalam mewujudkan Nawacita Presiden Jokowi, yang menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai program unggulan," bebernya.

Kalau kemudian selama satu tahun ini kinerja Rini mendapatkan sorotan dari politisi, dia menilai bisa jadi memang hanya soal faktor kacamata saja. Bukan soal bahwa kinerja Rini sebagai menteri tidak performance. Sebab secara kinerja kalau dilihat dari kacamata profesional tentu sejauh ini sudah cukup bagus.

"Secara profesional, apa yang sudah dilakukan Rini menurut saya patut diapresiasi," ujarnya.(ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demo di Depan Istana Rusuh! Mahasiswa dan Wartawan jadi Korban


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler