Saat banyak warga Australia yang memboorong barang-barang kebutuhan pokok akibat kepanikan dan kebingungan, muncul juga tindakan solidaritas warga untuk membantu sesama.

Di Kilsby, warga Australia yang tinggal di kawasan St Kilda, Melbourne, adalah salah satu diantaranya.

BACA JUGA: Gubernur Herman Deru Minta Siswa Tidak Berkeluyuran

Ia berusaha membantu menenangkan warga dengan cara mengirim pesan pendek atau SMS, aatau memberikan tisu toilet bagi yang memerlukan, bahkan memberikan makanan seperti acar wortel yang dibuat sendiri.

"Semua orang melakukan apa yang bisa mereka lakukan, dan berpikir kreatif, serta berusaha membantu," katanya.

BACA JUGA: Tim Persebaya Diliburkan, Irfan Jaya Habiskan Waktu di Gym

"Saya baru sadar jika makanan yang difermentasi, seperti acar sayuran, bisa bertahan lama, penuh gizi, dan saya bisa membagi-bagikan kepada mereka yang memerlukan."

Di Kilsby sudah membentuk 'group chat' untuk tetangganya, penghuni apartemen 11 lantai di kawasan St Kilda, sekitar 7 km dari pusat kota Melbourne.

BACA JUGA: Abduh Lestaluhu Persikabo: Jangan Terlalu Takut, Ikuti Saja Imbauan

Kebanyakan penghuni di blok apartemennya warga lanjut usia, mereka yang rentan sakit, atau warga difabel. Photo: Membuat acar sayur yang tahan lama bisa dibagikan ke tetangga yang membutuhkan. (ABC News: Lucy Kent)

 

"Saya mengatakan kepada mereka, saya sudah memasak ... mengisi kulkas dengan makanan yang siap untuk dibagikan kepada siapa saja."

'Grup chat' tersebut dimaksudkan untuk saling membantu sesama, agar yang lain tidak merasa kesepian, selain juga untuk menghibur saat situasi yang tidak menentu sekarang ini.

Pemerintah Australia, seperti juga pemerintah lain di seluruh dunia sudah menyarankan warga untuk tidak melakukan kontak fisik terlalu dekat, dikenal dengan istilah 'social distancing'.

Namun Di Kilsby mengatakan di saat seperti ini penting sekali untuk tidak melupakan mereka yang rentan.

"Saya mengatakan mari kita saling berkabar, lihat apa yang masih kita punyai, mengecek apakah ada yang sakit, atau memerlukan bantuan," katanya.

"Kita bisa saja kaya, banyak uang dan perhiasan melimpah, namun kita tidak berguna, kalau kita tidak bisa membantu orang lain."

Apa yang dilakukan Di Kilsby ini didukung oleh para pakar yang mengatakan dengan teknologi yang kita miliki sekarang, masih memungkinkan untuk orang-orang untuk tetap saling berkomunikasi.

Ini pula yang disarankan agar warga mengecek mereka yang lebih rentan dan terisolasi. Apa yang bisa anda lakukan? External Link: Facebook: Hello, If you are self-isolating, I can help

 

Kini semakin banyak muncul grup-grup di Facebook yang anggotanya adalah para tetangga, dimana mereka saling berbagi informasi mengenai situasi di tempat pemukiman mereka.

Banyak diantara grup ini sudah mengedarkan selebaran yang ditempel dan dimasukkan ke tempat surat di rumah-rumah, dengan menawarkan bantuan dalam bentuk apa saja.

"Sangat membanggakan melihat tindakan warga dan kita bisa melakukan lebih banyak lagi dalam soal solidaritas ini," kata Dr Cobi Calyx, pakar ilmu sosial dari University of New South Wales.

"Ini bisa dilakukan untuk memastikan mereka yang rentan tetap bisa mendapatkan akses untuk kebutuhan  mereka."

Jacky Barker, yang mengorganisir kelompok warga di Lane Cove, Sydney mengatakan solidaritas yang ditunjukkan oleh para warga membuatnya terharu.

"Reaksi yang kami terima luar biasa. Banyak yang bertanya, "apa yang bisa saya lakukan? Bagaimana saya bisa membantu membeli barang di toko, mengambil resep atau membantu membawa anjing jalan," katanya.

"Setiap hari kami mendapat 15-20 orang yang menawarkan diri 'apa yang bisa saya kerjakan? Itu belum lagi terhitung mereka yang di Facebook". Apa yang jangan dilakukan? External Link: Instagram: Redfern Convenience store toilet paper

 

Walau usaha membantu tetangga yang memerlukan patut dilakukan, pakar juga mengatakan agar kita tidak membahayakan diri sendiri.

"Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu warga yang membutuhkan tanpa mengganggu kesehatan atau resiko kita sendiri," kata Dr Cobi Calyx.

"Hal seperti mengirim surat yang dikirim ke kotak surat atau mengirim SMS untuk bertanya kabar mereka, hal-hal ini bisa dilakukan tanpa membuat kita harus melakukan kontak fisik terlalu dekat dengan mereka."

Bagaimana jika sekarang Anda memiliki tisu toilet berlebihan?

"Belum terlambat saat ini untuk menjadi orang baik. Hubungi tetangga, kirim pesan bahwa anda memiliki beberapa tisu toilet, atau memiliki hand sanitiser berlebih," kata Dr Calyx.

Mencari toko yang masih menjual tisu toilert masih merupakan salah satu pembicaraan utama dalam kelompok warga yang dibentuk Di Kilsby.

"Kemarin ada banyak pesan bermunculan mengatakan "saya melihat banyak tisu dijual di Woolies" atau "Ada tisu dijual di toko di dekat rumah kita."

"Seseorang mengatakan dia memiliki tisu toilet ekstra, dimana sekarang ini tisu toilet sama berharganya dengan emas."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selamat Tinggal Wuhan, Saatnya Pahlawan Medis Tiongkok Pulang ke Kampung Halaman

Berita Terkait