Gerakan Indonesia Asri Menguatkan Program Bank Sampah, Ini Hasilnya

Minggu, 18 Februari 2024 – 20:00 WIB
PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) melaksanakan closing ceremony dalam program #AksiAsri Kreasi 2023/2024 yang telah berjalan selama 4 bulan dari November sampai Februari. Foto: Dokumentasi Chandra Asri Group

jpnn.com - JAKARTA - PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) melaksanakan closing ceremony program #AksiAsri Kreasi 2023/2024 yang telah berjalan selama 4 bulan dari November 2023 sampai Februari 2024, pada Sabtu (17/2). Ini merupakan bagian dari program Indonesia Asri, sebuah gerakan yang diprakarsai oleh PT Chandra Asri Pacific Tbk.

#AksiAsri Kreasi kali ini merupakan program penguatan Bank Sampah yang terletak di RW 002 Pondok Labu, Jakarta Selatan, yakni Bank Sampah PMB ‘Asri’ Berseri. 

BACA JUGA: Gandeng Kemenparekraf, Kao Indonesia Bangun Fasilitas Bank Sampah di Desa Wisata

"Closing ceremony ini dilakukan untuk merayakan kesuksesan program #AksiAsri Kreasi 2023/2024 dan meresmikan Gang Asri di wilayah RW 002 Pondok Labu, Jakarta Selatan yakni Gang Makmur Asri," kata Head of Corporate Communications PT Chandra Asri Pacific Tbk. Chrysanthi Tarigan dalam closing ceremony yang dihadiri seluruh pengurus Bank Sampah PMB ‘Asri’ Berseri, perangkat RT, perwakilan PKK, dan warga, Sabtu (17/2).

Chrysanthi menjelaskan penyelenggara kegiatan ini merupakan mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Sobat Asri (milik Indonesia Asri), terdiri atas empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor dan satu dari Poltekkes Jakarta. 

BACA JUGA: Wahyu Wibisono Konvoi Keliling Jaksel bersama Ratusan Bentor Sampah

Program ini diimplementasikan di Bank Sampah ASRI Berseri, RW 002 Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Kegiatan #AksiAsri KREASI 2023 dimulai dengan launching program pada 2 November 2023, yang diisi materi mengenai sampah dan pentingnya pemilahan sampah dari rumah tangga (RT), pemberian alat penunjang manajemen Bank Sampah, seperti timbangan sampah dan jaket kepengurusan. 

BACA JUGA: God Bless Pamerkan Koleksi Barang Bersejarah di Galeri Nasional Indonesia

Juga kegiatan sharing session bersama warga untuk mengetahui titik kendala mengenai pengelolaan Bank Sampah di RW 002 Pondok Labu, Jakarta Selatan. 

"Kami mengadakan #SetorSampah Reward untuk 10 nasabah dengan jumlah sampah tertinggi yang nantinya akan diberikan reward khusus yang diadakan selama 4 bulan (November 2023 - Februari 2024)," tutur Chrysanthi Tarigan.

#SetorSampah Reward ini diselenggarakan untuk meningkatkan intensitas kebiasaan perilaku pilah sampah dan pengelolaan sampah di kehidupan sehari-hari.

Rangkaian selanjutnya diisi dengan Studi Tiru atau kunjungan belajar ke Bank Sampah Budi Luhur pada 30 November 2023.

Di sini peserta belajar tentang manajemen pengelolaan Bank Sampah di tingkat RW.
Kegiatan ini hanya diikuti oleh pengurus Bank Sampah ASRI Berseri.

Program #AksiAsri KREASI 2023 juga mengadakan pelatihan Eco-Enzyme dan Eco Pillow pada 19 Januari 2024, untuk pengurus Bank Sampah dan warga RW sekitar.

Hal itu membuka wawasan akan pentingnya perilaku pilah sampah dan cara mengelola sampah menjadi bahan baku baru yang bernila ekonomi. 

Rangkaian kegiatan #AksiAsri KREASI 2023 ditutup dengan implementasi gang hijau yang disebut "Gang Makmur Asrir” pada 11 Februari 2024, dengan pembuatan Vertical Garden dari botol plastik terpilah dan kantong tanaman yang langsung dikerjakan secara bersama-sama oleh 15 orang warga sekitar.

Indonesia Asri memprakarsai pendirian lokasi percontohan lingkungan yang asri dengan nama Gang Asri, diimplementasikan dengan penanaman tanaman hortikultura seperti sawi, cabai, pakcoy dan tanaman lainnya dengan metode penanaman hidroponik dan vertical garden.

Seluruh proses implementasi Gang Asri berkolaborasi dengan masyarakat setempat. 

"Gang Asri nantinya akan mendukung kemandirian dan ketahanan pangan tingkat rumah tangga," terang Chrysanthi Tarigan.

Dia mengungkapkan hasil dari program keseluruhan ini mencakup peningkatan nasabah Bank Sampah selama 4 bulan implementasi (November-Februari) dibandingkan sebelum implementasi (Juli-Oktober) ialah 50 persen.

Kemudian, peningkatan volume sampah yang tersetor di Bank Sampah PMB Asri Berseri selama empat bulan implementasi (November-Februari) dibandingkan sebelum implementasi (Juli-Oktober) ialah 25 persen.

"Seluruh pengurus mengetahui metode pengelolaan sampah organik dan anorganik dengan metode pembelajaran studi tiru dan workshop pelatihan," terangnya.

Selain itu, terdapat lokasi percontohan lingkungan yang asri, yakni Gang Asri dan mampu menunjang ketahanan pangan tingkat rumah tangga. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler