Gerakan Politik Hijau, Megawati Soekarnoputri Sumbang 3 Pohon Langka

PDIP Gelar Aksi Tanam Pohon dan Membersihkan Waduk

Sabtu, 20 Maret 2021 – 10:24 WIB
PDIP kembali mewujudkan politik hijau melalui Gerakan Penghijauan Gelombang lll, yang diimplementasikan dengan menanam pohon di area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dan aksi tanam pohon, serta tebar benih ikan di Waduk Rawa Lindung, Jakarta Selatan. Area penanaman di GBK sudah disiapkan. Foto: PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali mewujudkan politik hijau melalui Gerakan Penghijauan Gelombang lll, yang diimplementasikan dengan menanam pohon di area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dan aksi tanam pohon, serta tebar benih ikan di Waduk Rawa Lindung, Jakarta Selatan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan agenda itu dilaksanakan secara serentak Minggu (21/3), pukul 08.00 WIB.

BACA JUGA: Hasto: Kami Diajarkan Ibu Megawati Menggelorakan Semangat Kebangsaan

Hasto menjelaskan Ketua DPP dan Wasekjen yang dijadwalkan hadir di GBK yakni Puan Maharani, Tri Rismaharini, Yasona H Laoly, Ribka Tjiptaning, Wiryanti Sukamdani, Sukur Nababan, dan Sadarestuwati.

Sejumlah anggota DPR Fraksi PDIP antara lain Junimart Girsang dan Abidin Fikri juga berencana hadir.

BACA JUGA: Pramono Anung, Tjahjo Kumolo, Hingga Hasto Ungkap Doktrin Megawati soal Politik Hijau

Petinggi PDIP DKI Jakarta yang juga akan hadir seperti Adi Wijaya dan Prasetio Edy Marsudi.

Dari pihak pengelola akan diwakili oleh Direktur Utama (Dirut) GBK Rakhmadi Afif Kusumo.

BACA JUGA: Keren Banget, Pujian Andre Hehanusa untuk Ikhtiar PDIP Gaungkan Politik Hijau

Tokoh PDIP yang dijadwalkan hadir di Waduk Rawa Lindung antara lain Sekjen Hasto Kristiyanto yang akan didampingi oleh para ketua DPP PDIP, seperti Eriko Sotarduga, Sri Rahayu, Mindo Sianipar, dan I Made Urip.

Sekjen Hasto memaparkan ada 24 jenis pohon yang akan ditanam di GBK. Dia menyebutkan antara lain baobab, ebony, eben merak, hopea, ulin, kepel, asam, genip, pala, mahoni afrika, cassia fistula, buni, pohon anggur laut, keben, dan lain-lain.

"Panitia telah menyiapkan lubang untuk pohon-pohon tersebut. Direncanakan Mbak Puan Maharani bersama Ibu Tri Rismaharini dan tokoh lainnya akan hadir secara langsung untuk melakukan penanaman pohon," jelas Hasto Kristiyanto.

Hasto akan memimpin langsung aksi di Waduk Rawa Lindung, Pesanggarahan, Jakarta Selatan.

Rencananya akan ditanam sekitar 300 pohon buah yakni mangga, dan rambutan, serta menebar 10 ribu benih ikan seperti nila, mujair, mas dan lele.

Hasto menuturkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berpesan supaya kegiatan ini benar-benar mengikuti seluruh prosedur pencegahan penularan Covid-19.

“Protokol kesehatan jangan sampai dilanggar dan semua yang terlibat berdisiplin," ucap Hasto mengutip pesan Bu Mega.

Hasto menambahkan Presiden Kelima RI itu juga akan menyumbangkan pohon langka dalam kegiatan tersebut.

"Ibu Megawati akan menyumbang 3 pohon yang cukup langka untuk ditanam dalam kegiatan ini," jelas Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan selain di Jakarta, pengurus daerah PDIP di berbagai wilayah juga diimbau melakukan aksi menanam dan merawat pohon yang sudah ditanam pada Minggu tersebut.

Seperti diketahui, kegiatan penanaman pohon PDIP gelombang I dilaksanakan pada 10 Januari 2021 lalu di DAS Ciliwung. Kemudian dilanjutkan gelombang II pada 21 Februari 2021 di Waduk Cincin, Jakarta Utara. (boy/jpnn)

 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler