Gerard Houllier Terancam Tinggalkan Sepak Bola

Dokter Sarankan Pensiun, Aston Villa Tunjuk Karteker

Jumat, 29 April 2011 – 21:47 WIB
Gerard Houllier. Foto: AFP/File/Andrew Yates

Aston Villa menuai rintangan dalam perjuangan survive di Premier League musim iniSang pelatih, Gerard Houllier, tengah berjuang pulih dari gangguan kesehatan yang mengancam karirnya.

Sudah sepekan terakhir Houllier opname di Rumah Sakit Queen Elizabeth di Birmingham

BACA JUGA: Pencalonan George-Arifin Resmi Ditolak KN

Dia dilarikan ke rumah sakit setelah kembali bermasalah dengan penyakit lamanya, jantung lemah
Ada pendarahan pada aortanya yang menjadi penyebab Houllier mengeluh nyeri pada dadanya.

Kondisi Houllier dilaporkan mulai stabil

BACA JUGA: Persema Ofensif Tapi Terkontrol

Ada kemungkinan dia sudah boleh pulang beberapa hari ke depan
Itu tentu saja kabar bagus bagi Houllier

BACA JUGA: Deltras Masih Berharap Kucuran APBD

Namun, ada kabar buruk yang mengiringiYakni, rekomendasi medis agar pelatih 63 tahun Prancis tersebut pensiun dari profesinya.

"Dari analisa saya, tanpa mengenal Houllier atau melihat kondisinya secara langsung, dia sudah mendapat peringatan serius agar berhenti bekerja," ungkap DrDuncan Dymond, kardiolog sekaligus dokter tim Chelsea, sebagaimana dilansir TalkSport.

Dymond menilai pekerjaan pelatih tidak hanya semata dituntut fisik prima mengingat setiap hari berkutat di lapanganMelainkan juga sarat tekananApalagi Villa kini dalam posisi berjuang lolos dari jerat degradasiHingga pekan ke-34 atau sisa empat laga, Stiliyan Petrov di urutan ke-13 dengan selisih hanya tujuh angka (41-34) dari zona degradasi.

Dymond khawatir apa yang dialami Houllier rentan terulang di masa mendatangPengalaman Houllier semasa menangani Liverpool sudah membuktikannyaPada 2001, Houllier butuh istirahat lima bulan karena masalah jantungnya.

"Salah satu yang harus diwaspadai adalah tekanan darahLihat saja tekanan yang dialami pelatih di pinggir lapanganWajah memerah, urat leher muncul, membuat keputusan salah, dan akhirnya tekanan darah meningkatSaya melihatnya pada Sam Allardyce dan Roy Hodgson (Allardyce dipecat Blackburn Rovers, sedangkan Hodgson oleh Liverpool, Red)," terang Dymond.

Houllier sebenarnya tidak perlu repot-repot memikirkan VillaSebab, manajemen klub telah menunjuk asisten pelatih Gary McAllister sebagai pemegang kendali tim sampai akhir musimDengan kata lain, McAllister ditunjuk sebagai pelatih karteker.

Houllier sebenarnya bukan pelatih yang dipersiapkan Villa musim iniHoullier bergabung pada September 2010 atau setelah kompetisi berjalan dua bulanDia digaet setelah Martin O'Neill tiba-tiba mengundurkan diri kurang sepekan sebelum kickoff Premier League.

Kendati berpengalaman enam musim membesut Liverpool (1998-2004), Houllier menghadapi kesulitan di VillaSelain faktor banyaknya pemain yang cedera, pelatih 63 tahun Prancis itu ditengarai subyektif dalam memilih pemain

Perekrutan Robert Pires Januari lalu ditengarai hanya akal-akalan HoullierSelain sudah uzur (37 tahun), Pires sempat off dari lapangan hijau selama enam bulanPires diklaim digaet hanya karena kedekatan, khususnya senegara, dengan HoullierEks bintang Arsenal itu pun bisa dikatakan tidak memberi kontribusi berarti.

Houllier juga beberapa kali berselisih dengan anak asuhnyaDari John Carew, Luke Young, Habib Beye, hingga Stephen WarnockCarew dipinjamkan ke Stoke City Januari lalu, sedangkan Beye dan Warnock 'dihukum' Houllier dengan hanya bermain di tim cadangan

Meski begitu, beberapa pemain Villa membelanyaDi antaranya Darren Bent, striker yang diboyong dari Sunderland Januari lalu dengan rekor pembelian termahal Villa"Gerard adalah sosok pelatih yang profesional dengan pekerjaannya," tutur Bent di The Mirror.

"Hanya, kesehatannya harus diprioritaskanJika dia bergabung lagi dengan tim, saya anggap itu sebagai bonusJika tidak, semoga dia lekas sembuh," tambah striker timnas Inggris itu(dns)

Data Diri
Nama Lengkap    : Gerard Houllier
Kebangsaan        : Prancis
Lahir            : Therouanne, 3 September 1947

Karir Pelatih        :
1973-1976     Le Touquet Athletic Club
1976-1982     Noeux-les-Mines
1982-1985     RC Lens
1985-1988     Paris Saint Germain
1988-1992     Prancis (asisten)
1992-1993     Prancis
1998         Liverpool (join dengan Roy Evans)
1998-2004     Liverpool
2005-2007     Olympique Lyon
2010-     Aston Villa

Prestasi Pelatih    :
- Ligue 1 1985-86, 2005?06, 2006?07
- Piala Super Prancis 2005, 2006
- Piala UEFA 2001
- Piala Super UEFA 2001
- Piala FA 2001
- Piala Liga Inggris 2001, 2003
- Community Shield 2001
- Euro U-19 1996

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persiwa Pertama Tembus Semifinal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler