Gerbraksu Laporkan Pejabat Pemko Medan Naik Jet Pribadi ke KPK

Jumat, 14 Oktober 2016 – 11:31 WIB
Foto-foto pejabat Pemko Medan yang menggunakan pesawat jet pribadi akhirnya resmi dilaporkan. Foto: int/metrosiantar

jpnn.com - MEDAN - Gerakan Rakyat Berantas Korupsi Sumatera Utara (Gerbraksu) akhirnya melaporkan pejabat Pemko Medan yang foto-fotonya tersebar naik pesawat jet pribadi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengaduan itu disampaikan pada Rabu (13/10) oleh koordinator Gerbraksu, Saharuddin di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Kasus Dwelling Time, APBMI Merasa Dipermalukan

Dalam keterangannya, Saharuddin mengatakan pengaduan ini mereka sampaikan agar KPK memiliki dasar untuk melakukan penyelidikan atas adanya dugaan gratifikasi terkait perjalanan didalam foto tersebut. 

Apalagi didalam foto tersebut, pejabat pemko medan yang diduga wali kota Medan Dzulmi Eldin terlihat sedang bersama seseorang yang mereka duga merupakan petinggi dari Podomoro.

BACA JUGA: Pengamat: Polisi Perlu Kaji Mendalam Soal Kasus Dwelling Time di Belawan

“Kita ingin ada penyelidikan mengenai hal tersebut agar jelas kepada masyarakat. Yang bisa membuktikan ada gratifikasi atau tidak itu tentu nanti proses hukum,” katanya seperti diberitakan Metro Siantar (Jawa Pos Group) hari ini (14/10).

Saharuddin menjelaskan, dalam pengaduan tersebut mereka melampirkan foto-foto yang memperlihatkan para pejabat Pemko Medan tersebut sedang berada didalam pesawat jet pribadi.

BACA JUGA: Oalah, Polda Akui Salah Tangkap Terkait Dwelling Time di Belawan

Mereka juga melengkapinya dengan dokumen-dokumen pendukung lainnya seputar perjalanan tersebut yang berhasil mereka kumpulkan, termasuk kronologis perjalanan dan dugaan adanya kebijakan-kebijakan Pemko Medan yang diduga berkaitan dengan perjalanan tersebut.

Dokumen-dokumen tersebut menurutnya menambah informasi dari laporan pengaduan yang mereka sampaikan pada pertengahan Mei 2016 lalu tentang dugaan gratifikasi seputar pemberian ijin pembangunan proyek Podomoro Deli City, di Jalan Putri Hijau, Medan.

“Semuanya sudah kita serahkan ke KPK dan kita berharap agar penyidik segera melakukan penyelidikan,” ujarnya.

Pengaduan dari Gerbraksu ini diterima oleh KPK dengan nomor informasi 86507 oleh petugas penerima laporan pengaduan masyarakat KPK.(rgu/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dorong Belitung Jadi Geopark Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler