Gerindra Bantu Bocah Alika yang Seorang Diri Rawat Ayahnya Pengidap Kanker

Kamis, 12 September 2024 – 22:12 WIB
Partai Gerindra Lombok Barat membantu Alika, bocah kelas 4 sekolah dasar yang merawat ayahnya pengidap kanker seorang diri. Foto: Partai Gerindra.

jpnn.com - LOMBOK - Alika, bocah kelas 4 Sekolah Dasar (SD) harus berjuang sendiri merawat ayahnya yang mengidap kanker kelenjar getah bening.

Alika merawat ayahnya di tengah kehidupan mereka yang sangat tidak layak di Lombok Barat.

BACA JUGA: Ini Kalimat Megawati saat Bertemu Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Pertanda Apakah?

Kondisi ini mengundang keprihatinan dari Partai Gerindra Lombok Barat.

Partai pimpinan Prabowo Subianto ini menyalurkan bantuan santunan serta peralatan sekolah untuk Alika.

BACA JUGA: Politikus Gerindra Abdul Malik Soroti Segoro Luhur Maju Jadi Cawabup Ponorogo Lewat Partai Lain

Saat memberi bantuan, anggota DPRD Lombok Barat dari Fraksi Partai Gerindra Lalu Irwan mengatakan Alika dan ayahnya butuh uluran tangan.

"Setelah kami turun ke kediaman adik Alika, Bapak dari adik Alika ini butuh perhatian dari Pemda,” ujar Irwan dalam keterangannya, Kamis (12/9).

BACA JUGA: Jojon Andari Ditunjuk Jadi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Pandeglang, SK Diteken Prabowo

Irwan bersama jajaran pengurus Gerindra Lombok Barat lantas mendorong pemda setempat agar lebih peduli memperhatikan kondisi masyarakat.

"Harus ada peran serta pemda," kata Irwan.

Irwan menilai kondisi psikis juga perlu diperhatikan sebab Alika yang di usianya saat ini seharusnya fokus bermain dan belajar justru harus merawat ayahnya.

“Ada permasalahan mental anak ini yang perlu diperhatikan. Pemda harus hadir memberikan pendampingan psikologi untuk adik Alika agar kembali normal, kasihan anak ini,” katanya.

Kondisi Alika, menurut Irwan, terlihat takut ketika banyak orang mendatangi rumahnya hingga marah saat ada yang mendokumentasikan kondisi ayahnya.

“Setelah saya telepon Kadis Dinas Kesehatan dan Dirut Rumah Sakit Tripat Gerung, ternyata belum ada campur tangan dari pemerintah daerah sama sekali,” ucapnya.

Dinas Kesehatan bahkan belum mengetahui persis kondisi ayah Alika, Andi.

Padahal kondisi dia sakit parah. Hanya Kepala Puskesmas Gerung yang sudah mengunjungi mereka.

"Pihak yang kerja (membawa ayah Alika) ke RSUD Tripat itu murni sukarelawan, dia inisiatif sendiri turun untuk memberikan semacam home care,” katanya.

Irwan juga memastikan akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait, dimulai dari pihak rumah sakit, dinas kesehatan, DP2KBP3A, hingga dinas pendidikan.

Dia berharap ayah Alika nantinya dapat pengobatan dan perawatan yang layak hingga kondisi psikologis Alika dapat kembali normal.

“Kami akan pastikan juga kepada kepala desa apakah orang tua dari adik Alika ini sudah masuk kepesertaan BPJS, kalau belum nanti agar bisa tercover di progarm UHC,” kata Irwan. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bamsoet Apresiasi 16 Tahun Perjalanan Politik Partai Gerindra


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler