Gerindra DKI Buka Pendaftaran Caleg Tahap II

Minggu, 06 Mei 2018 – 21:51 WIB
Konferensi pers pembukaan pendaftaran bakal caleg DPRD DKI Gerindra tahap II. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Partai Gerindra DKI membuka pendaftaran bakal calon legislatif tahap II. Pendaftaran tahap I yang dimulai pada 30 April sendiri sudah resmi ditutup hari ini, Minggu (6/5).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Muhamad Taufik mengungkapkan, rekrutmen ini merupakan penyesuaian Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) baru soal Pileg 2019 oleh KPU.

BACA JUGA: Gerindra Minta Kapolri Usut Tuntas Kasus Semarang

Sedangkan, tahap II partai besutan Prabowo Subianto itu membuka pendaftaran 7 sampai 16 Mei 2018. Menurut dia, setiap bakal caleg harus mengikuti mekanisme dan aturan main Partai Gerindra.

“Kami kan ada aturan main. Tak bisa seenaknya saja,” kata Taufik di kantor DPD Gerindra DKI, Cempaka Putih, Jakarta Pusat kemarin (6/5).

BACA JUGA: Atribut #2019GantiPresiden Dilarang? Ini Bukan Korea Utara!

Wakil Ketua DPRD DKI itu menjelaskan, setiap bakal caleg harus memperhatikan aspek substansial dari kontestasi elektoral meningkatkan, suara partai serta menangkan Prabowo menjadi Presiden di setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

Karena itu, pembobotan kualitas calon menjadi perhatian penting. “Bakal caleg wajib menangkan Prabowo. Makanya, setiap bakal caleg menyampaikan 1000 dukungan dalam bentuk penyerahan KTP sesuai dengan dapil,” jelas dia.

BACA JUGA: PPP Buka Pendaftaran Caleg via Online  

Nanti, setelah berkas semua diserahkan, mantan Ketua KPU DKI itu menjelaskan, ada proses verifikasi administrasi dan faktua.

Misalnya, kebenaran dukungan KTP, keaslian ijazah, tes narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), dan surat penyampaian pajak tahunan (SPPT) pribadi.

“Kami, miliki sistem verifikasi untuk buktikan dukungan. Jika, ganda atau kami langsung coret dukungan dan kami nyatakan gugur. Jangan, main-main manipulasi soal dukungan lah,” ucapnya.

Selanjutnya, setiap bakal caleg harus membuat suara pernyataan menerima keputusan dan penetapan atau keputusan partai.
Menurut dia, ini juga menjadi penilaian salah satu parameter memperjuangkan kesejahteraan dan ideologi Gerindra.

Taufik menambahkan, partainya mengajak bergabung putra-putri dan tokoh masyarakat bergabung bersama Gerindra untuk melakukan perubahan di ibu kota lebih baik.

“Sekarang, ada tokoh partai, tokoh masyarakat, dan berbagai macam tokoh dari berbagai macam elemen daftar bakal caleg Gerindra,” papar dia.

“Kami ingin ke depan anggota DPRD DKI memiliki kualitas lebih baik,” tambah dia.

Di tempat yang sama Ketua penjaringan bakal caleg DPD Gerindra DKI Syarif menyatakan, Gerindra ingin sempurna dalam proses penjaringan bakal caleg 2019.

“Kami ingin hadirkan anggota dewan yang peka dengan kondisi rakyat. Satu lagi, wajib menangkan Prabowo,” tegasnya. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Brimob Bersenjata Sasar Kantor Gerindra, Apa Urusannya?


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler