Gerindra: Pengganti Archandra Harus Bela Kepentingan Nasional

Selasa, 16 Agustus 2016 – 12:27 WIB
Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Ketua Fraksi Gerindra DPR Ahmad Muzani mengatakan pengganti Menteri ESDM Archandra Tahar yang diberhentikan Presiden Joko Widodo harus orang yang membela kepentingan nasional.

Ini disampaikan Muzani, menyikapi keputusan Presiden memberhentikan Archandra pada Senin (15/8) malam. Saat ini, jabatan Menteri ESDM dijabat pelaksana tugas, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

"Gerindra menyerahkan sepenuhnya kepada presiden , tapi karena Menteri ESDM sangat vital, pilihlah menteri yang membela kepentingan nasionalnya sudah teruji," kata Muzani di sela-sela Sidang Tahunan MPR, Selasa ((16/8).

Gerindra tidak mempersoalkan keputusan Presiden Jokowi memberhentikan Archandra terlepas dari persoalan yang terjadi. Sebab, hal itu merupakan hak prerogatif presiden.

Namun ia mengingatkan kejadian ini harus menjadi pelajaran terutama bagi para pembantu presiden seperti Badan Intelijen Negara. Harusnya, lembaga yang dipimpin Sutiyoso terlibat aktif dalam melakukan assessment calon pejabat negara.

"Lembaga intelijen tugasnya melakukan assessment, sehingga setiap keputusan presiden tidak boleh salah. Presiden sudah mengambil keputusan yang baik dan kami menghormati itu," tambahnya.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Pakar Uji Kebenaran Pertemuan Fredi Budiman-Haris Azhar

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hakim PN Jakarta Pusat Diperiksa KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler