Gerrard Persiapkan Diri Jadi Manajer

Senin, 04 November 2013 – 09:17 WIB

STEVEN Gerrard menegaskan tekad untuk terjun dalam dunia kepelatihan setelah gantung sepatu. Tak hanya menyerap taktik dan strategi sepak bola dari para manajer yang menanganinya, skipper Liverpool itu juga menggali ilmu kepelatihan dari buku.
 
Jelang menghadapi Arsenal, Gerrard tertangkap kamera menerima buku berjuluk The Manager: Inside the Minds of Football"s Leaders dari istrinya, Alex. Buku karangan Mike Carson itu menceritakan kehidupan lapangan hijau dari 30 pelatih top dunia seperti Jose Mourinho, Sir Alex Ferguson, Carlo Ancelotti, sampai Arsene Wenger.
 
Sebut saja bab tentang Wenger (Behind the Scenes) yang menyebut pengalamannya yang paling menyebalkan sebagai pelatih adalah saat pulang mengemudi dari pertandingan malam minggu dengan kekalahan. Sedangkan pelatih Liverpool Brendam Rodgers mengaku mulai ebal dengan tekanan dalam profesinya setelah orang tuanya meninggal muda.
 
"Melatih merupakan opsi pertama saya setelah pensiun karena profesi ini merupakan tantangan bagi saya," kata Gerrard, 33 tahun, seperti dilansir Metro.
 
"Bukan lantaran Anda sukses sebagai pemain, maka Anda juga akan sukses membawa tim ke puncak," imbuh pemain yang dalam otobiografi Alex Ferguson dideskripsikan justru bukan seorang pemain top tersebut. (dns)

 

BACA JUGA: Dua Penggawa Persib Ikut Dibesut Indra Sjafri

BACA ARTIKEL LAINNYA... Vettel Menang di Hadapan Orang Tua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler