Pemerintah negara bagian Queensland mengonfirmasi jika Brisbane saat ini mengalami peningkatan debu dan asap berdasarkan data dari stasiun pemantauan udara dan sensor asap.

Mulai pukul 09.00 pagi ini, daerah yang terkena dampak paling parah dari kebakaran lahan dan hutan adalah Flinders View dan Forest Lake di Queensland selatan, dengan kualitas udara yang "sangat buruk", menurut Department of Environment and Science di Queensland.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Peselancar Australia yang Sempat Kritis di Bali Dipulangkan

Kualitas udara di pusat Brisbane, kawasan Mutdapilly, Rocklea, Brisbane Selatan, Lowood, Moggill dan Upper Kedron juga termasuk dalam kategori "buruk".Apa penyebab asap di Brisbane?

Musim kebakaran lahan dan hutan di Queensland datang lebih awal, dengan kebakaran yang terjadi di Flagstone dan Bouldercombe dalam beberapa hari terakhir.

BACA JUGA: Kabut Asap Makin Parah, Pemkot Palembang Belum Undur Jam Masuk Sekolah

Pada pukul 11.15 pagi tadi, peringatan dikeluarkan untuk kawasan Mundoolun dan Birnam, dekat Beaudesert, karena "kebakaran besar" yang terjadi di dekat Eugene Court dan bergerak menuju Beattie Road dan Calden Court.

Penduduk yang tinggal di antara Veresdale Scrub Road dan Beaudesert Beenleigh Road sudah diperingati untuk bersiap pergi, sementara petugas pemadam kebakaran berupaya mengendalikan kobaran api.

BACA JUGA: Lebih Besar dan Panjang: Sydney Masuki Musim Ular yang Banyak Keluar

Peringatan kebakaran aktif juga banyak dikeluarkan di sejumlah tempat.

Peringatan aktif adalah peringatan paling rendah dari tiga kategori dalam Sistem Pemeringkatan Bahaya Kebakaran Australia.

Layanan Kebakaran dan Darurat Queensland (QFES) mengeluarkan 15 peringatan kebakaran aktif pada Kamis pagi.

Kebakaran di Flagstone, dekat Jimboomba, padam kemarin sore menyusul peringatan yang dikeluarkan lebih awal.

Peringatan saat ini berlaku untuk antara kawasan Cagar Alam Undullah dan jalur kereta api, termasuk di kawasan Flagstonian Drive.

"Api berkobar di sekitar Trailblazer Drive, Saunders Drive dan Highgate Drive, Flagstone. Api bergerak menuju Saunders Drive dan Highgate Drive," QFES memperingatkan pada Kamis pagi.

?"Jalan-jalan utama atau jalan raya mungkin terkena dampak, termasuk Rice Road, Undullah."Apakah aman menghirup udara di Brisbane saat ini?

Kepala eksekutif Asma Australia Michele Goldman mendesak semua warga untuk tidak terlalu terpapar asap kebakaran hutan.

"Tidak ada tingkat paparan yang aman," katanya.

"Polusi udara dan khususnya partikel kecil dalam asap sangat berbahaya bagi paru-paru dan kesehatan kita secara keseluruhan."

Michele mengatakan El Niño menimbulkan kekhawatiran yang signifikan bagi penderita asma.

"Perkiraan cuaca yang lebih panas dan kering menimbulkan kekhawatiran bagi penderita asma dan peningkatan frekuensi sserta keparahan gejala dari alergi," katanya.

"Kami tahu sejak musim panas 2019-2020, lebih dari 80 persen penduduk Australia terpapar asap dan hal ini menimbulkan dampak besar bagi penderita asma ."

Dirangkum oleh Erwin Renaldi dari laporannya dalam bahasa Inggris

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Kebakaran Pesta Pernikahan di Irak, Seratus Orang Tewas

Berita Terkait