GKSB DPR-Parlemen Finlandia Lakukan Pertemuan, Ini yang Dibahas

Kamis, 08 September 2022 – 20:50 WIB
Ketua GKSB Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mercy Christie Barends saat memimpin GKSB DPR RI-Parlemen Finlandia menerima Parlemen Finlandia dipimpin Chair of the Committee for the Future of Parliament of Finland Mr. Joakim Strand di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9/2022). Foto: Jaka/Man

jpnn.com, JAKARTA - Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR melakukan pertemuan dengan Committee for the Future Parlemen Finlandia.

Dalam pertemuan tersebut mereka membahas berbagai isu penguatan untuk global recovery, yakni berkaitan pemulihan pasca pandemi Covid-19 dan situasi tak stabil karena geopolitik Ukraina dan Rusia yang memberikan implikasi sangat luas terhadap berbagai sektor khususnya sektor ekonomi.

BACA JUGA: Soroti RUU Sisdiknas, Pelajar Islam Indonesia Gelar Aksi di Depan Gedung DPR RI

Atas dasar itu, kedua belah pihak membicarakan berbagai penguatan kerja sama di sektor ekonomi, investasi, dan perdagangan yang menguntungkan kedua negara.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Mercy Christie menerima Parlemen Finlandia dipimpin Chair of the Committee for the Future of Parliament of Finland Mr. Joakim Strand yang digelar di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9).

BACA JUGA: Ketua DPR RI Gelar Turnamen Basket Bertajuk Puan Maharani Cup 2022, Cek Tanggal Mainnya

Hadir Anggota GKSB DPR RI-Parlemen Finlandia yang juga Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani dan Anggota GKSB DPR RI-Parlemen Finlandia yang juga Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti.

“Tadi kami mendiskusikan berbagai penguatan kerja sama sektor ekonomi, investasi, dan perdagangan yang menguntungkan kedua negara,” ujar Mercy.

BACA JUGA: Sambut Agenda P20, DPR RI Selenggarakan Friendship Ride and Fun

Disisi lain, ungkap Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini, dalam pertemuan kedua belah pihak saling memberikan komitmen kuat untuk bisa mempengaruhi kebijakan masing-masing dalam tugas di Parlemen baik sisi anggaran, legislasi, pengembangan.

Selain itu, mereka juga membahas rancangan regulasi, program-program tersebut dapat mendukung kebijakan pembangunan berkelanjutan mengingat setiap anggota Parlemen adalah salah satu faktor kunci dalam menentukan kebijakan negara.

“Kami juga memberi sinyal yang sangat kuat ke depannya pemindahan ibu kota negara banyak kesempatan terbuka untuk kerja sama dan investasi dari Finlandia," kata Mercy.

Dia berharap kerja sama itu bisa meningkatkan neraca perdagangan menjadi lebih positif lagi di masa yang akan datang.

"Semakin mempertegas bahwa kerja sama tidak saja government to government, business to business tetapi juga people to people,” ungkap Mercy.

Sementara itu, Chair of the Committee for the Future of Parliament of Finland Mr. Joakim Strand menjelaskan komite tetap yang didirikan di Parlemen Finlandia berfungsi sebagai think tank untuk masa depan, kebijakan sains, dan teknologi di Finlandia.

Misi komite adalah untuk menghasilkan dialog tentang masalah-masalah besar di masa depan dan peluang.

Sejak 2017, implementasi untuk agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan serta tinjauan ke depan untuk memeriksa berbagai jenis masalah sosial dan perkembangan teknologi. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kepala Bakamla RI Laporkan Pelaksanaan Patroli Bersama di Komisi I DPR RI


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler