Golkar Butuh Figur Pemersatu

Rabu, 17 Februari 2016 – 18:15 WIB
Idrus Marham. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Munaslub Partai Golkar yang akan digelar bulan April mendatang diprediksi bakal tetap diwarnai persaingan antara kubu Aburizal Bakrie dengan Agung Laksono dalam memperebutkan kursi ketua umum. Pasalnya, dua kubu yang terus berseteru sepanjang satu tahun terakhir tersebut masih berambisi menguasai partai beringin untuk kelompok masing-masing.

Menurut Peneliti senior Indonesia Public Institute Karyono Wibowo, jika prediksi itu benar-benar terjadi, maka Munaslub Golkar tidak akan ada gunanya. Partai peraih suara terbanyak pada Pemilu Legislatif 2014 lalu tersebut akan tetap terbelah menjadi dua kubu.

BACA JUGA: Perhatian! Ada Kewajiban Baru buat PNS Setiap Bulan

“Solusinya ya harus memunculkan figur yang bisa diterima oleh kedua pihak,” kata Karyono di Jakarta, Rabu (17/2).

Karyono sangat menyangkan jika pada munaslub nanti para elite Golkar hanya terjebak pada perebutan kursi ketua umum. Pasalnya, munaslub sejatinya adalah momen yang paling tepat untuk melakukan rekonsiliasi dan resolusi konfik. Karenannya, para elite beringin lebih baik fokus mencari sosok pemersatu.

BACA JUGA: Gatot Dituntut 4,5 Tahun, Istrinya 4 Tahun Penjara

Dia pun yakin tokoh pemersatu Golkar bisa muncul pada munaslub nanti. Salah satu yang dinilai Karyono layak memainkan peran ini adalah Sekjen Golkar, Idrus Maham yang memiliki rekam jejak dan pengalaman mumpuni. 

“Partai Golkar butuh pemimpin yang matang di dunia politik serta tidak sedang menduduki jabatan publik agar bisa berkonsentrasi mengurus partai. Agar bisa membawa Golkar keluar dari kemelut konflik internal,” pungkasnya. (dil/jpnn)

BACA JUGA: BPK Dituding Obral Predikat WTP Jelang Pilkada

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menteri Marwan Menerapkan Tiga Prinsip Dalam Membangun Desa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler