Golkar: Hormatilah Presiden Jokowi

Senin, 21 Agustus 2017 – 02:50 WIB
Presiden Jokowi. Foto: Ist/Humas Pemprov Kalbar

jpnn.com, JAKARTA - Seorang warga Sumatera Utara ditangkap Polrestabes Medan karena mengunggah foto dan tulisan bernada menghina Presiden Joko Widodo melalui jejaring soal Facebook.

Pelaku yang bernama asli Muhammad Farhan Balatif (18) itu sebelumnya dilaporkan oleh Brigadir Ricky Swanda dalam laporan bernomor LP/444/VII/2017/Reskrim tertanggal 16 Juli 2017 di Polrestabes Medan. Tindakan pelaku ini tentu sangat disesalkan.

BACA JUGA: Yakin Demokrat Mau Merapat ke Pemerintahan? Ini Kata Hinca Panjaitan

Anggota Komisi III DPR TB Ace Hasan Sazidly mengatakan tindakan menghina presiden di medsos sangat tidak etis.

Menurut dia, meskipun tidak puas dengan kebijakan pemerintah, masyarakat jangan sampai secara terbuka menghina presiden.

BACA JUGA: SBY Bersalaman dengan Megawati Lagi Bukti Jokowi Mampu asal Mau

"Saya kira sangat tidak etis seorang presiden digambarkan seperti binatang sebagaimana terlihat dalam gambar-gambar di media sosial itu," kata Ace kepada wartawan, Minggu (20/8).

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golongan Karya itu mengingatkan di era demokrasi seperti sekarang ini sebuah kritik merupakan hal yang wajar. Menurut dia, boleh-boleh saja mengkritisi pemerintahan dan Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Presiden Diagendakan Menghadiri Jambore Nasional Revolusi Mental

"Alangkah lebih baiknya jika yang dikritisi itu adalah kebijakan bukan personal presiden," ujarnya.

Menurutnya, setiap warga negara punya hak untuk tidak puas terhadap kinerja pemerintahan.

Namun tentu responsnya harus dengan cara-cara yang lebih beretika. "Bukan dengan menyamakan pribadi Pak Jokowi dengan binatang," katanya.

Dia mengingatkan, kritik itu juga harus disampaikan dengan cara menjunjung tinggi etika dalam kehidupan demokrasi. Salah satu etika dalam berdemokrasi itu dengan mengedepankan saling menghormati dan menghargai.

"Bagaimanapun beliau ini presiden yang dipilih rakyat Indonesia, beliau adalah simbol negara. Hormati beliau secara kelembagaan bukan hanya pribadinya,” tambah Ace.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi: Hati-hati Sekarang, Saya Awasi Terus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler