Guardiola Terbaik dalam Sejarah

Jumat, 13 Mei 2011 – 14:03 WIB
PELATIH terbaik dunia dan sepanjang sejarahBegitu pujian yang dilontarkan Presiden Barcelona Sandro Rosell kepada Josep Guardiola

BACA JUGA: Tidak Fit, Nadal Dapatkan Ritme

Itu menyusul keberhasilan Guardiola mengantarkan Barcelona menjuarai Liga Primera Spanyol ke-21.

Pujian itu sangat beralasan
Hanya dalam jangka tiga tahun, Guardiola mampu mempersembahkan sembilan gelar buat Barca

BACA JUGA: Berebut Hadang Yamaha

Di antaranya tiga kali beruntun menjuarai Liga Primera, juara Liga Champions, juara Piala Dunia Antarklub, dan Copa del Rey.

Prestasi yang fantastis, lantaran itu diraih pada tiga tahun pertama dia menjadi pelatih profesional di level senior
"Dia sangat tenang

BACA JUGA: Cendrawasih Andalkan Semangat

Dia mendapat banyak tekananKami memiliki pelatih terbaik di dunia dan sepanjang sejarah," kata Rosell, seperti dilansir Tribalfootball.

Rosell menambahkan, banyak yang tidak senang dengan sukses Barca"Banyak yang berusaha menjatuhkan kami, lawan-lawan kamiMakanya kami harus kuat untuk mempertahankan diri dari berbagai serangan," lanjutnya.

Guardiola punya peluang untuk menambah koleksi gelarnya pada musim ini di Liga ChampionsMereka sudah mencapai final dan akan berhadapan dengan Manchester United di Wembley, London, pada 28 Mei mendatang.

Soal koleksi gelar, Guardiola terus mengejar koleksi pelatih legendaris Barca lainnya Johan CuyffSelama melatih Barca pada 1988-1996, dia mampu mempersembahkan 11 gelar, termasuk empat juara Liga Primera beruntun pada 1991-1994.

Bukan hanya sarat prestasi, tapi permainan sepak bola yang diperagakan Barca di tangan Guardiola sungguh luar biasaMereka memperagakan sepak bola menyerang yang indah dan sangat dominan dalam penguasaan bola.

Tidak heran, Ronald Koeman, salah satu penggawa Barca pada era Cruyff, menyebut Barca sekarang lebih hebat daripada ketika dia masih bermain duluPadahal, Barca ketika itu sempat disebut sebagai The Dream Team.

Koeman menjadi bagian penting, bahkan dia mencetak gol penentu kemenangan Barca di final Liga Champions 1992 di Wembley, London, ke gawang Sampdoria yang membuat Barca menang 1-0Itulah gelar Liga Champions pertama mereka.

"Tim ini lebih baik di semua area ketimbang kamiJauh lebih baikKami mampu memainkan sepak bola yang hebat, tapi kadang burukKami tidak konsisten, berbeda dengan tim ini, sangat konsisten," bilang Koeman, seperti dikutip Soccernet. (ham)


Gelar yang Diraih Guardiola
Liga Primera                      3 kali (2008-09, 2009-10, 2010-11)
Copa del Rey                    1 kali (2009)
Piala Super Spanyol          2 kali (2009, 2010)
Liga Champions                1 kali (2009)
Piala Super Eropa             1 kali (2009)
Piala Dunia Antarklub        1 kali (2009)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Maman Tak Ingin Hengkang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler