Gubernur Ali Mazi Mengajak Muslim Meneladani Nabi Ibrahim

Minggu, 10 Juli 2022 – 11:43 WIB
Jamaah shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Raya Al-Kautsat Kendari saat sungkeman ke Gubernur Sultra Ali Mazi, Ahad (10/7/2022) (ANTARA/Harianto)

jpnn.com, KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengajak muslim meneladani Nabi Ibrahim AS yang rela mengikhlaskan apa pun demi beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Ajakan itu disampaikan Ali Mazi saat menyampaikan pesan di hadapan ribuan jamaah salat Iduladha 1443 Hijriah di Masjid Raya Al-Kautsar Kendari, Minggu (10/7).

BACA JUGA: Mas Bechi Jombang Bertekad Melawan Fitnah, Konon Sampai Tingkat Berjihad

"Momentum perayaan Idul Adha hari ini seyogyanya dijadikan sarana implementasi nilai-nilai dari kisah Nabi Ibrahim dan putranya Ismail ke dalam diri kita," kata Ali Mazi di hadapan jemaah.

Dia menyebut keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT seperti dilakukan Nabi Ibrahim merupakan hal yang harus diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari karena mengandung nilai-nilai kebaikan.

BACA JUGA: Anies Ucapkan Kalimat Begini untuk Warga yang Salat Id di JIS

Ali Mazi mengatakan ketaatan, kesungguhan iman, dan kecintaan Nabi Ibrahim dan putranya Ismail AS kepada Allah SWT patut diteladani.

Hal tersebut dibuktikan dengan Nabi Ibrahim yang mendapat perintah dari Allah SWT melalui mimpi untuk mengorbankan sang putra Ismail yang sangat disayanginya.

BACA JUGA: Konon Mas Bechi Penyuka Mobil Mewah, Suka Musik tetapi Dianggap Sufi

Nabi Ibrahim AS pun melaksanakan perintah tersebut dengan menyembelih anaknya, tetapi atas izin Allah SWT, Ismail kemudian diganti dengan seekor domba besar.

Peristiwa penyembelihan domba besar oleh Nabi Ibrahim itu pula menjadi dasar ibadah kurban bagi muslim sebagai sarana mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

"Peristiwa tersebut menjadi awal syariat kurban bagi umat Islam. Oleh karena itu, hari ini kita bersama-sama merayakan Iduladha," ujar Ali Mazi.

Pelaksanaan shalat Iduladha di Masjid Raya Al-Kautsar Kendari berjalan lancar. Ribuan jamaah memadati bagian dalam hingga area pelataran tempat ibadah itu meski sempat diguyur hujan dengan intensitas sedang. (ant/fat/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler