Konon Mas Bechi Penyuka Mobil Mewah, Suka Musik tetapi Dianggap Sufi

Minggu, 10 Juli 2022 – 07:50 WIB
MSAT alias Mas Bechi, anak kiai Jombang, tersangka pencabulan terhadap santriwati saat digelandang petugas di Rutan Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur. Foto: ANTARA/Marul

jpnn.com, JAKARTA - Sosok Mochamad Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42) yang berstatus tersangka kasus pencabulan santriwati di Ponpes Shiddiqiyyah Ploso, Jombang, Jawa Timur (Jatim) disebut sebagai penyuka mobil mewah.

Kegemaran anak Kiai Muchtar Mu'thi, pengasuh Ponpes Shiddiqiyyah itu terhadap mobil terungkap dalam tulisan Dahlan Iskan berjudul Mas Bechi yang tayang di kolom Disway, Minggu (10/7).

BACA JUGA: Di Sinilah Bechi Jombang Mencabuli Santriwati Tengah Malam, Ada Surat

Melalui tulisan itu, Dahlan mengaku sering lewat di depan pondok Shiddiqiyyah beberapa tahun lalu.

"Ada lahan luas tidak jauh dari pondok itu. Lagi saya incar ketika itu," demikian kata Dahlan melalui tulisannya.

BACA JUGA: Begini Perlakuan terhadap Bechi Anak Kiai Jombang di Rutan Medaeng, Siap-Siap Saja

Dia bahkan sering pengin mampir di ponpes tersebut, tetapi selalu diburu waktu. Alasannya, mau mengajak kiai muda di sana kerja sama membuat mobil listrik.

Namun, hal itu belum terwujud. "Ada yang membuat keinginan mampir itu muncul: kiai muda di situ suka mobil. Mas Bechi," ungkap Dahlan.

BACA JUGA: Ini Solusi Paten Agar Penghapusan Honorer 2023 Tidak Menambah Pengangguran

Masih dalam tulisan yang sama, eks menteri BUMN itu menggambarkan Bechi sebagai sosok ganteng. Mampu merawat kulit dan rambut dengan sempurna.

"Meski kesukaannya mobil, termasuk mobil mewah, tetapi tetap dianggap sufi –karena putra seorang Mursyid. Ia adalah Mursyid in waiting," demikian Dahlan menggambarkan mas Bechi.

Selain itu, dia menyebut Mas Bechi juga akrab dengan musik. Dia bisa main organ, bahkan menciptakan lagu sufi dan memainkannya di organnya. Lagu ciptaan Bechi disebut ''musik oxytron''.

Konon, lagu itu lahir dari proses metafakta. Intinya; ketika musik instrumentalia itu dimainkan, katanya, bisa menenangkan jiwa.

"Berarti Mas Bechi ini dianggap sufi juga. Lewat jalan yang berbeda dengan penderitaan ayahnya berjalan kaki ke mana-mana," kata Dahlan.

Diketahui, Bechi Jombang saat ini telah mendekam di Rutan Medaeng, Sidoarjo.

BACA JUGA: Hukuman Kebiri Bisa Terjadi terhadap Mas Bechi Jombang Pencabul Santriwati

Dia ditahan di sana setelah menyerahkan diri sesuai 15 jam dicari polisi di kompleks Ponpes Shiddiqiyyah Ploso, Jombang, Kamis (7/7). (fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler