Gubernur Anies Baswedan: Kawasan di Sekitar JIS Akan Menggeliat

Senin, 28 Maret 2022 – 10:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pendopo Balai Kota DKI Ilustrasi Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta International Stadium (JIS) bisa menjadi penggerak ekonomi khususnya di utara Jakarta. Sebab, infrastruktur dibangun tak hanya di stadion tetapi juga di kawasan sekitarnya.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Anies Baswedan melalui kanal pribadinya di Youtube pada Senin (28/3).

BACA JUGA: Mbak Rara Si Pawang Hujan: Santai Saja, Pak! Nanti Reda Sendiri

"Kami berharap menjadi mesin penggerak, untuk menggerakkan perekonomian, untuk mendorong kemajuan, dan harapannya berdampak pada seluruh kawasan utara Jakarta," ujar Anies.

Dia mengatakan sejak awal dibangun, JIS sudah memperhitungkan dampak bagi masyarakat di sekitarnya.

BACA JUGA: Viral Oknum Guru Usir Siswa yang Belum Vaksinasi Covid-19, Bu Retno Bereaksi

Menurut Anies, pada sisi timur dari stadion, terdapat Waduk Cincin yang nanti akan dibangun menara perkantoran dan perumahan.

Sementara perkampungan di samping rel kereta api yang berdekatan dengan JIS, sekarang sedang disiapkan rumah susun untuk hunian warga.

BACA JUGA: Ditelepon Dahlan Iskan Malam Jumat Kliwon, Mbak Rara Pawang Hujan Sampaikan Permintaan

Anies menyebut di kawasan itu akan disiapkan lebih dari 130 unit hunian dan tersedia juga unit untuk warga penyandang disabilitas.

Kawasan itu akan dibangun dengan konsep pertanian perkotaan karena pencaharian sebagian warga itu bertani sehingga mereka masih bisa menjalankan aktivitasnya.

"Sekarang sedang dalam proses pembangunan nanti mereka akan kembali lagi tinggal di sana," sebut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Selain, Anies meyakini kawasan di sekitar JIS akan menggeliat karena rencananya ada integrasi moda transportasi TransJakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), dan LRT.

Nantinya stasiun kereta bakal dibangun di samping JIS sehingga diharapkan pengunjung dapat menggunakan transportasi umum

Kemudian, JIS juga akan terintegrasi dengan kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol.

"Ini salah satu konsep untuk membangun fasilitas modern yang mengandalkan pendekatan ramah lingkungan," ujar Anies Baswedan. (ant/fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler