Gubernur Bengkulu Hadiri Peresmian Bencoolen Coffee Pondok Kelapa

Kamis, 09 Desember 2021 – 21:05 WIB
Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah berpartisipasi dalam acara Grand Launching Bencoolen Coffee Pondok Kelapa, Bengkulu. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, BENGKULU - Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah berpartisipasi dalam acara Grand Launching Bencoolen Coffee Pondok Kelapa, Bengkulu, yang digelar pada 28 November 2021 sebagai realisasi komitmen membangun ekonomi digital pedesaan melalui Warkop Digital.

Bencoolen Coffee adalah perusahaan produk kopi kekinian yang produknya 100 persen dari kopi Bengkulu dan telah telah memenangkan penghargaan AVPA di Prancis.

BACA JUGA: Jawab Aspirasi Daerah, Sultan Gandeng 4 Kementerian Kunjungi Bengkulu

Bencoolen Coffee yang memiliki kopi dengan kualitas bintang lima akan dijual dengan harga kaki lima di Warkop Digital.

Selain itu, pengemasan dan kualitas Bencoolen Coffee bisa dicontoh oleh UMKM kopi Bengkulu dengan brand masing-masing, namun dengan standar dan rasa serupa.  

BACA JUGA: Hujan Deras, 10 Desa di Bengkulu Tengah Terendam Banjir, Begini Kondisinya

“Kami ingin menggerakkan UMKM yang ada di Bengkulu, bagaimana bisa naik kelas mengikuti sistem pemasaran produk di era digital. Saya kira Warung Kopi Digital bisa menjadi trigger penggerak bagaimana mengembangkan komoditas Bengkulu yang pelaku usahanya adalah UMKM,” kata Gubernur Rohidin Mersyah.

Selain menghadiri peresmian Bencoolen Coffee Pondok Kelapa, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga memberikan hadiah kompetisi "Membuat Video Presentasi Warkop Digital" SMA dan SMK se-Provinsi Bengkulu, serta penyematan Koordinator Warkop Digital SMA/SMK Bengkulu.

BACA JUGA: 2 Perampok Nasabah Bank Ditangkap di Bengkulu, Lihat, Matanya Ditutup Lakban

Penyerahan hadiah diberikan kepada 14 pemenang dari siswa-siswi SMA dan SMK Provinsi Bengkulu.

Acara diawali dengan pemberian hadiah kepada pemenang, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Nota.

Kesepahaman atau MoU antara Warkop Digital dengan KSP Nasari dan Warkop Digital dengan Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (HIPMIKIMDO).

Selain itu, diteken pula MoU antara Cybers Academy dengan Angkatan Muda Koperasi Indonesia (AMKI) dan Cybers Academi dengan Bencoolen Coffee dan YARFI.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dukungan permodalan dari BRI, BNI, Mandiri, dan KSP Nasari kepada pelaku UMKM yang akan menjadikan usahanya sebagai Warkop Digital.

Pada kesempatan ini, Gubernur Rohidin Mersyah juga diperkenalkan dengan Bencoolen Water dan juga Bencoolen Pupuk dengan mengunjungi stand yang telah disediakan di sana.

Acara ini adalah salah satu dari komitmen konkret Gubernur Rohidin Mersyah untuk membangun ekonomi digital Bengkulu, yang sudah disampaikan sejak pelantikannya pada Februari lalu.

Apalagi, ekonomi digital Bengkulu akan membantu pemulihan ekonomi yang surut karena pandemi Covid-19.

Ide dasar pembentukan Warkop Digital, kata Rohidin, adalah bagaimana untuk memasarkan kopi Bengkulu dengan merek Bencoolen Coffee, yang nantinya akan menjadi pemicu literasi digital di desa-desa seluruh Indonesia.

Selain itu, Warkop Digital juga diharapkan mendorong literasi keuangan, karena Warkop Digital bisa menjadi pusat berkumpulnya UMKM dengan core bisnis-nya adalah kopi.

Dengan adanya perjanjian dan kerja sama dengan pihak-pihak tersebut, Bencoolen Coffee berharap agar bisa mendukung para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha dengan bantuan permodalan dan dukungan dari lembaga keuanga, sehingga Bencoolen Coffee bisa membantu perekonomian Indonesia agar lebih maju. (dil/jpnn)

 

Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler