Gubernur Dipilih Dewan, Demokrat Diuntungkan

Selasa, 29 Maret 2011 – 23:03 WIB

JAKARTA - Pendiri Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Didik Supriyanto, menilai Partai Demokrat akan diuntungkan jika rencana pemerintah dalam Rancangan Undang-undang (RUU) Pilkada agar Gubernur dipilih DPRD terealisasiPasalnya, Demokrat adalah pemenang Pemilu legislatif 2009 yang banyak menguasai DPRD Provinsi.

Didik mengungkapkan, dalam RUU Pilkada yang dirumuskan pemerintah jelas-jelas disebutkan adanya pemilihan gubernur oleh DPRD

BACA JUGA: Optimis PAW Lily dan Gus Choi Segera Tuntas

"Mungkin salah satunya karena Partai Demokrat merasa unggul suaranya di Dewan Provinsi," kata Didik di Jakarta, Selasa (29/3).

Terhadap rencana perubahan pemilihan gubernur itu, Didik menyatakan penolakannya
Apalagi jika alasan yang mendasari Pemilukada dikembalikan ke DPRD hanya karena masalah efektifitas biaya

BACA JUGA: Merasa Diteror, Yusuf Adukan Presiden PKS ke Polri



Menurutnya, untuk mengefektifkan proses maupun hasil pemilihan kepala daerah justru yang paling untuk dilakukan adalah menata sistem pelaksanaannya mulai penjaringan calon hingga pemilihan
"Bukan dengan mengubah pola pemilihan, dari rakyat ke DPRD," tandasnya.

Didik menegaskan, tak ada jaminan pemilihan gubernur oleh DPRD Dewan lantas biaya bisa ditekan

BACA JUGA: DPR Desak ANRI Ambil Alih Arsip HB Jasin

Sebab pengeluaran dana oleh calon tetap tidak bisa dihindariMulai dari membeli partai pengusung, pemberian uang kepada anggota DPRD yang memiliki suara, hingga aneka kebutuhan lainnya guna memenangkan pertarungan.

"Akhirnya kepala daerah yang terpilih, mikirnya setelah duduk, bagaimana mengembalikan uang yang sudah dikeluarkanSementara nasib rakyat jadi urusan kesekian," papar Didik.

Bila Pemerintah benar berhasrat untuk mengubah sistem pemerintahan daerah di tingkat provinsi, kata Didik, sebaiknya meniadakan saja DPRD ProvinsiSedangkan gubernur benar-benar dijadikan perwakilan pemerintah pusat yang ditunjuk Pusat untuk mengendalikan provinsi"Cukuplah dewan hanya ada di kabupaten dan kota," ujarnya(mur/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pimpin Demokrat Banten, Walikota Tangerang Incar Posisi Gubernur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler