Gubernur Herman Deru Usulkan Ini Agar Rempah Khas Daerahnya Dikenal di Penjuru Sumsel

Minggu, 27 Agustus 2023 – 21:16 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Febrita Lustia HD hadir pada acara Festival Rempah yang berlangsung di pelataran Palembang Trade Center (PTC), Jumat (25/8). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengapresiasi acara Festival Rempah yang digelar Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumsel.

Dia bahkan berharap acara yang bertujuan memperkenalkan aneka ragam rempah yang ada di Sumsel kepada masyarakat luas itu diselenggarakan di tingkat kabupaten/kota.

BACA JUGA: Herman Deru Minta Forkopimda Terus Berkolaborasi untuk Pembangunan Daerah

"Kami ingin rempah khas Sumsel juga dikenal secara merata di seluruh penjuru Sumsel," ujar Herman Deru terkait harapannya agar Festival Rempah juga diselenggarakan di tingkat kabupaten/kota.

Pada tahun ini, kegiatan dilaksanakan berbarengan dengan Festival Kawe yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Herman Deru di pelataran Palembang Trade Center (PTC), Jumat (25/8).

BACA JUGA: Herman Deru: Tingkatkan Transparansi dan Legalitas Pengadaan Barang dan Jasa

Gubernur Herman Deru juga berharap kegiatan ini menjadi salah satu destinasi wisata baru di Sumsel.

"Kami ingin kegiatan seperti ini banyak dikunjungi sehingga perputaran ekonomi lebih kencang. Apalagi dalam festival rempah banyak sekali kegiatannya," harapnya.

Dia menilai kegiatan tersebut banyak memberikan manfaat dalam membantu petani rempah.

Kegiatan ini, kata Gubernur Herman Deru, bisa membuat masyarakat sadar bahwa Sumsel memiliki banyak macam rempah, baik sebagai bahan pengobatan tradisional maupun untuk penyedap masakan.

"Kegiatan ini secara tidak langsung membantu para petani rempah sekaligus mengedukasi tekait manfaat rempah untuk kesehatan, kecantikan, dan untuk menambah lezatnya makanan," terangnya.

Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia HD menambahkan Festival Rempah 2023 berfokus pada tanaman rempah dari kabupaten/kota agar lebih dikenal masyarakat luas dan bermanfaat untuk khazanah kuliner khas daerah.

"Kegiatan ini bertujuan menggali informasi berbagai masakan, makanan, dan minuman yang sudah lama dikonsumsi oleh masyarakat, serta memberikan edukasi manfaat dari aneka rempah tersebut," kata Feby.

Pada kesempatan tersebut, lanjut Feby, TP PKK juga meluncurkan 'Buku Gizi dan Menu Makanan Khas Sumsel'.

"Kami berharap melalui buku ini nantinya masyarakat lebih teredukasi lagi," ujarnya.

Dia menyebut pada Festival Rempah ini juga terdapat pameran dan perlombaan, di antaranya pesta kawe (kopi), pameran flora dan fauna, perlombaan meracik makanan dan minuman dari rempah.

Selain itu, ada juga demo masakan rempah, lomba fashion show daur ulang, bazar makanan dan minuman kekinian dan donor darah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua ICSB Sumsel Samantha Tivani HD, Anggota DPRD Sumsel Muhammad Yaser, dan para pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemprov Sumsel. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler