Herman Deru Minta Forkopimda Terus Berkolaborasi untuk Pembangunan Daerah

Jumat, 25 Agustus 2023 – 08:48 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru meminta semua Forkopimda berkolaborasi dengan pemda untuk membangun daerah. Foto: dok Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menyampaikan pesan penting saat acara pisah sambut Pangdam II/Sriwijaya dari Mayjen TNI Hilman Hadi kepada Mayjen TNI Yanuar Adil di Griya Agung Palembang, Rabu (23/8) malam.

Dia juga memuji peran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang terus bersinergi dalam membantu pemerintah membangun daerah.

BACA JUGA: Herman Deru: Tingkatkan Transparansi dan Legalitas Pengadaan Barang dan Jasa

Termasuk peran penting Kodam II/Sriwijaya yang berkontribusi menjaga kondusifitas Bumi Sriwijaya sehingga label zero konflik dapat dipertahankan.

Menurutnya, kolaborasi antara pemprov dan Forkopimda di Sumsel sudah terjalin dengan baik sejak lama.

BACA JUGA: Herman Deru Minta Pelayanan Masyarakat Harus Lebih Baik

Oleh sebab itu, meskipun di beberapa Forkopimda terjadi pergantian kepemimpinan, namun semangat kolaborasi tidak berubah.

"Jalinan antar Forkopimda di Sumsel ini sudah seperti saudara kandung. Yang datang akan disambut baik dan yang pergi tentu tidak akan dilupakan," kata Herman Deru.

Ke depan, dia berharap Mayjen TNI Hilman Hadi yang saat ini mengemban amanat baru sebagai Pa Sahli Tingkat III Kasad Bidang Komunikasi Sosial TNI AD tetap menjaga silaturahmi agar tidak terputus.

"Untuk Mayjen TNI Yanuar Adil, kami ucapkan selamat bergabung menjadi mitra kami. Semoga makin membawa kemajuan bagi daerah ini," ujarnya.

Dia menyebut setiap prajurit yang memimpin Kodam II/Sriwijaya akan memiliki kesan tersendiri.

Seperti Mayjen TNI Hilman Hadi yang saat memimpin bersama jajarannya membantu pemerintah dalam menekan angka stunting.

"Upaya penurunan angka stunting menjadi kenangan terindah bagi semua pihak, termasuk Mayjen TNI Hilman Hadi. Sebab upaya itu mendapat apresiasi pemerintah pusat karena Sumsel menjadi provinsi terbaik dalam mengatasi persoalan stunting. Artinya, dengan kerjasama yang baik, maka setiap langkah kita akan membawa hasil maksimal," terangnya.

Di sisi lain, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil akan menghadapi tantangan yang tak kalah besar yakni El Nino.

"Saya harap TNI dapat menjadi garda terdepan dalam menghadapi Elnino. Pemerintah pusat sudah memberikan target kepada Sumsel yakni produksi 200 ton beras. Kita sudah mempunyai modal berupa perairan yang baik untuk mendorong terjaganya ketahanan pangan. Jadi, kita tidak hanya mampu menjadi penyangga pangan bagi daerah ini, tetapi juga daerah lainnya," tuturnya.

Dia berkeyakinan TNI Sumsel di bawah kepemimpinan Mayjen TNI Yanuar Adil dapat melakukan hal itu.

"Selama ini, TNI memang menjadi salah satu yang berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan di Sumsel. Program TMMD yang dijalankan selaras dengan yang dilakukan pemerintah," bebernya.

Sebelumnya, Mayjen TNI Hilman Hadi mengungkapkan, selama menjadi Pangdam II/Sriwijaya, dirinya merasakan kedekatan yang luar biasa antar-forkopimda.

Maka itu, dirinya tak heran jika setiap program yang dilakukan kerap berjalan dengan baik.

"Ini karena semua pihak menjunjung tinggi kerja sama. Bahkan masyarakat juga kerap membantu setiap upaya yang dilakukan TNI," kata Hilman.

Menurutnya, semua program dan upaya yang dilakukan TNI merupakan langkah untuk mensejahterakan masyarakat.

"Kami membantu pemerintah dalam rangka menyejahterakan masyarakat melalui kerja sama yang dibangun," tuturnya.

Hilman juga optimistis Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil dapat makin membawa kemajuan untuk seluruh wilayah Sumbagsel.

"Saya yakin semua bisa berjalan baik dan selesai jika setiap upaya dilakukan secara bersinergi," ujarnya.

Di tempat yang sama, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil menyatakan siap melanjutkan setiap program yang telah dirintis oleh Pangdam II/Sriwijaya terdahulu.

"Ke depan saya akan melanjutkan program Kodam II/Sriwijaya yang telah dirintis, seperti di sektor ketahanan pangan hingga penanganan karhutla. Mohon doa restu," katanya.

Yanuar mengatakan ingin mempererat sinergitas antarsemua pihak.

"Tentu kami akan bersinergi dengan semua unsur seperti pemerintah, Polda dan jajaran lainnya," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan pisah sambut itu dihadiri sejumlah gubernur, wali kota, dan bupati yang ada di kawasan Sumbagsel. Bahkan sejumlah forkopimda dari berbagai provinsi pun terpantau hadir.(jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Herman Deru   Sumsel   stunting   Forkompimda   Pemda   TNI  

Terpopuler