Gubernur Wahidin Halim: Saya Akan Bela Rakyat Banten di Papua

Selasa, 01 Oktober 2019 – 19:03 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim. Foto: Dok. Radar Banten

jpnn.com, SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan Pemprov Banten siap menjemput belasan warga Banten yang ada di Papua jika memang menginginkan untuk pulang ke Banten terkait keamanan di Papua.

"Saya sudah perintahkan Kesbangpol dan BPBD untuk menjemput ke Papua. Kami akan biayain untuk jemput ke sana," tegas Wahidin Halim, Selasa (1/10).

BACA JUGA: Gubernur Banten Ajak Masyarakat Jihad Berantas Narkoba

Selaku Gubernur Banten, Wahidin akan membela masyarakat Banten yang membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, ia langsung memerintahkan Kesbangpol dan BPBD Banten untuk segera berangkat ke Papua mengecek warga Banten yang ada di Papua dan menjemputnya jika memang ingin pulang.

"Saya akan bela rakyat saya," kata dia.

BACA JUGA: Calon Gubernur Banten Wahidin Halim Digugat Rp 10 Miliar

Ia mengaku sudah mendapatkan laporan terkait belasan warga Banten yang ada di Papua dan menginginkan pulang ke Banten. "Jumlahnya berapa tadi. Ada 16 kalau enggak salah," kata Wahidin.

Bahkan Wahidin langsung merintahkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Banten Kusmayadi segera berkoordinasi dengan Kepala Kesbangpol Banten untuk secepatnya melakukan langkah-langkah. "Kalau bisa besok harus sudah berangkat," kata Wahidin.

Plt Kepala BPPD Banten Kusmayadi mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi untuk mengecek langsung ke Papua keberadaan warga Banten di sana, apakah kondisi di Papua dimungkinkan cukup aman atau memang warga Banten yang ada di Papua harus dipulangkan.

"Kami akan segera koordinasi dan dikonsultasikan ke sana, apakah cukup aman. Atau memang mereka harus pulang, ya akan kami pulangkan," kata Kusmayadi.

Pemprov Banten mendapat informasi terkait keberadaan belasan warga dari sejumlah daerah di Banten yang berada di Papua. Warga tersebut mengaku ingin pulang ke Banten terkait kondisi keamanan di Papua, namun demikian mereka kesulitan biaya transportasi untuk pulang. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler