Gulung Madura United, Persib Bandung Kudeta Arema FC

Sabtu, 04 Desember 2021 – 23:25 WIB
Para pemain Persib Bandung merayakan gol Frets Bututan ke gawang Madura United. Foto: Liga Indonesia Baru.

jpnn.com, SOLO - Persib Bandung berhasil mengkudeta Arema FC dari posisi kedua klasemen sementara Liga 1 2021/22 setelah menaklukkan Madura United 1-0 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (4/12) malam.

Gol kemenangan Maung Bandung -julukan Persib- berasal dari Frets Butuan pada menit ke-7.

BACA JUGA: Persebaya vs Barito Putera: Takluk dari Bajul Ijo, Laskar Antasari Kian Terpuruk

Jalannya Pertandingan

Tempo tinggi tersaji pada sepuluh menit awal babak pertama. Kedua tim yang sama-sama megincar kemenangan, menerapkan permainan agresif untuk secepatnya merebut bola.

BACA JUGA: Borneo FC Permalukan Persija 2-1, Wawan Febrianto Jadi Petaka Menit Akhir

Persib Bandung mencuri gol pertama pada menit ke-7. Gelandang muda Beckham Putra dengan jeli memberikan umpan pada Frets Butuan yang berdiri bebas di kotak penalti Madura United.

Mengecoh satu pemain, Frets langsung melepaskan tendangan ke arah gawang yang gagal dibendung kiper  Madura United, Muhammad Ridho.

BACA JUGA: Diwarnai Penundaan Kick-Off, Persija Sementara Unggul 1-0 atas Borneo FC

Persib yang bermain tandang tidak membiarkan anak-anak Sape Kerap mengembangkan permainan. Mereka terus memberikan pressing ketat di lapangan tengah Madura United.

Masuk menit ke-20, Madura United nyatanya masih kesulitan mendekati kotak penalti Persib.

Persib yang lebih mengandalkan serangan balik justru hampir menambah gol pada menit 24'. Frets Butuan yang kembali dalam posisi bebas berhasil menanduk bola lambung yang mengarah padanya. Sayang, sundulannya masih terlalu tinggi.

Sementara itu, Madura berusaha balik mengancam lewat aksi Slamet Nurcahyo.

Pemain nomor 10 itu melepaskan tendangan dari jarak jauh pada menit 28', tetapi masih melambung di atas gawang Kiper Persib, M. Natshir.  

Mendekati akhir babak pertama, Madura United masih mendominasi penguasaan bola. Pada menit 40', Haris Tuharea melepaskan sudulan lemah yang masih mudah ditangkap oleh M. Natshir.

Hingga turun minum, skor 1-1 tetap bertahan.

Tidak berbeda dari babak pertama, tempo tinggi dan pressing ketat masih mewarnai jalannya babak kedua. Madura United juga terlihat sedikit menguasai laga.

Madura United mendapat peluang emas pada menit 53'. Tim asal Pulau Garam itu mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Persib. Namun, Hugo Gomes yang ditunjuk sebagai eksekutor tembakannya masih melambung tinggi.

Persib yang mengandalkan serangan balik cepat banyak memanfaatkan kelincahan dua sayap mereka, yakni Febri Hariyadi dan Frets Butuan.

Mencoba mengejar ketertinggalan, Pelatih Madura United Fabio Araujo memasukkan Bayu Gatra dan Moch. Kevy menggantikan Silvio Escobar serta Haris Tuharea pada menit 63'.

Persib kembali mendapat peluang melalui Frets Butuan. Mendapat umpan dari Wander Luiz, pencetak gol pertama Persib itu langsung menendang ke sisi kiri gawang Madura United. Sayang tendangannya berhasil diamankan M. Ridho.

Melakukan penyegaran pada sisi penyerangan sebelah kiri, Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menarik ke luar Frets Butuan digantikan oleh Esteban Vizcarra pada menit 69'.

Vizcarra hampir mencetak gol menit 80', tetapi tendangan mendatarnya masih tipis di samping kanan gawang Madura United. Begitu juga tendangan bebas Febri Hariyadi pada menit 84' yang masih melambung.

Sepuluh menit menjelang peluit panjang, Persib berhasil menguasai bola lebih lama. Madura yang sedang mengejar ketinggalan tak mampu berbuat banyak menembus kokohnya pertahanan Persib.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasil Darma Santoso asal Sumatera Utara, skor untuk kemenangan Persib tidak berubah.

Hasil tu membuat Madura United masih tertahan di peringkat 12 klasemen sementara. (mcr21/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Romensy Augustino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler