Sinterklas, mutan ‘Daleks’, dan perempuan telanjang - semua telah menjadi tema kostum dari gundukan rumah rayap di utara Australia, yang kini menjadi karya seni tersendiri.

Gundukan rumah rayap di pedalaman Wilayah Utara Australia telah lama dihiasi dan diberi kostum pakaian dan barang-barang aneh lainnya.

BACA JUGA: Selama 40 Tahun, Pria Australia Ini Perjuangkan Pernikahan Sesama Jenis di AS

Gundukan rayap berkostum ini populer di kalangan turis, yang sering terpergok tengah berfoto di samping benda ini.


Gundukan rumah rayap yang mengenakan kacamata merah muda.

BACA JUGA: Kabar Kematian 2 Anggota ISIS Asal Australia Dikhawatirkan Dorong Perekrutan

Tradisi unik mendekorasi gundukan rumah rayap, kini, tengah didokumentasikan oleh mahasiswa jurusan Seni Visual di Universitas Charles Darwin, Ian Hance.

Ian mengatakan, ia telah melewati jalan tol berkali-kali dan melihat gundukan rumah rayap setinggi dua meter, yang mengenakan item seperti topeng, topi, botol, bra, helm, kacamata oalharga, tongkat dan roda.

BACA JUGA: Pelajar Pribumi ini Mendadak Populer Berkat Karya Lukis Tradisional Aborijinnya

"Kami berusaha untuk menemukan fitur wajah di gundukan rayap ketika kami melihat mereka berpakaian agar terlihat lebih manusia, itu adalah perkembangan alami," ujarnya.

Ia menyambung, "Jelas ada unsur lucu bagi mereka, yang khas humor Australia, tetapi beberapa gundukan ini tampak lebih jahat."

Ian melukis potret dari gundukan tersebut, yang ia foto dari sepanjang Stuart Highway antara Darwin dan Alice Springs.

Sebagai bagian dari gelar Master-nya, Ian juga telah menciptakan sebuah situs bagi publik untuk membagi pengalaman mereka dalam menciptakan atau melihat gundukan rayap berkostum, secara anonym.

Ia menyebut, ada gundukan rayap berkostum dalam jumlah yang banyak di sepanjang jalan tol antara Katherine dan Larrimah, bersamaan dengan sekelompok besar benda ini di sekitar Threeways Roadhouse dan Alice Springs.

"Banyak di antaranya memiliki unsur seksual, sementara yang lain tampaknya memuat pernyataan politik atau dibuat oleh wisatawan untuk memperingati perjalanan mereka di kawasan itu," ceritanya.

Ia mengatakan, di antara 350 fotonya, terdapat gundukan rumah rayap berpakaian seperti tentara dengan tongkat untuk senjata; atau seperti pedagang dengan pakaian unik; dan bahkan memuat referensi Alkitab tentang patung ‘Madonna and Child’ karya Michelangelo.

Ian mengemukakan, ia melihat sejumlah besar gundukan rayap yang berpakaian sebagai Sinterklas menjelang Natal tahun lalu.

"Umumnya, mereka lucu, namun ada juga yang cukup luar biasa," ujarnya.

Ia mengatakan, mendandani gundukan itu dengan kostum tak menyebabkan kerusakan apapun pada rayap.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penari Muda Canberra Ikuti Kejuaraan Dunia Hip Hop di Amerika Serikat

Berita Terkait