Guru Kreator Enterprise, Aplikasi Teknologi Pendidikan untuk Bantu Guru dan Siswa

Jumat, 04 November 2022 – 17:22 WIB
Aplikasi teknologi pendidikan Guru Kreator Enterprise. Foto: dok GK

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan startup pendatang baru yang bergerak di bidang teknologi pendidikan, Paideia Educational Solutions, meluncurkan learning management system (LMS) berbasis kurikulum pertama di Indonesia bernama Guru Kreator Enterprise.

Aplikasi ini dibuat dan dikreasikan oleh anak bangsa. LMS Guru Kreator Enterprise menjadi produk teknologi dalam negeri yang hadir dengan visi untuk memberdayakan guru dan pemangku kepentingan sekolah dalam mendukung pembelajaran dan mengoptimalisasi seluruh sistem di sekolah, baik akademik maupun nonakademik.

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK di Lombok Tengah Sudah Dibuka, tetapi Hanya Guru SD

LMS Guru Kreator Enterprise menyediakan beragam fitur yang mendukung ekosistem sekolah digital yang bisa digunakan oleh murid, orang tua, guru, kepala sekolah, hingga pihak administrasi sekolah.

Keunikan atau unique selling point dari LMS Guru Kreator Enterprise terletak pada pendekatan berbasis kurikulum.

BACA JUGA: PPPK 2022 Dibuka, Prof Nunuk Dibombardir WA Guru Honorer, Isinya Bikin Menggeleng

Melalui LMS ini, sekolah bisa menggunakan beragam kurikulum. Mulai dari Kurikulum Merdeka, K13, Cambridge, International Baccalaureate (IB), bahkan yang sudah dikostumisasi sendiri oleh sekolah sesuai dengan konteks dan target profil peserta didik yang hendak dicapai oleh lembaga masing-masing. 

“Setiap guru dan pemangku kepentingan sekolah perlu mampu melihat gambaran besar (big picture) agar bisa menghubungkan setiap titik dalam konteks kehidupan dari setiap pribadi di setiap lokasi. Hal ini menjadi dasar dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045 yang juga menjadi visi dari kehadiran Guru Kreator Enterprise," ujar Dr. Connie Rasilim selaku Founding President Paideia Educational Solutions.

BACA JUGA: Guru Lulus PG PPPK Terbuai P1, Prioritas Apaan? Kacau, Ini Data dari Bu Dirjen

Memberdayakan guru untuk mampu melihat gambaran besar menuju 2045 dan menghubungkan setiap titik dalam lintasan tersebut dengan berpihak pada murid, adalah sebuah kebutuhan dasar yang mutlak.

Ini adalah perubahan paradigma dan tugas besar yang tidak bisa dikerjakan sendiri tanpa adanya kolaborasi.

Guru Kreator Enterprise hadir sebagai wujud nyata kolaborasi tersebut bersama para pemangku kebijakan sekolah demi tercapainya profil pelajar Pancasila”, lanjutnya.

Hadirnya LMS Guru Kreator Enterprise juga diharapkan bisa menjadi solusi administratif bagi ekosistem pendidikan di Indonesia agar para pendidik dapat memiliki lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan peserta didiknya.

Harapan lainnya yakni agar semua sekolah di Indonesia bisa menggunakan produk top class untuk mendukung proses pembelajaran yang berpihak pada murid menuju Generasi Emas 2045.

Fitur-Fitur Guru Kreator Enterprise

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur untuk seluruh operasional sekolah, mulai dari Kustomisasi Kurikulum, Rancangan Kegiatan Belajar-Mengajar, Buku Nilai, Ujian Online, Portofolio, Rapor Digital Otomatis, Sistem Evaluasi Guru dan Staf, Dashboard Analytics dan masih banyak lagi.

Yoshua Sirait yang merupakan Founding CEO Paideia Educational Solutions mengemukakan pentingnya mengintegrasikan seluruh kebutuhan dan aktivitas sekolah melalui teknologi digital.

“Saat itu, ketika saya menjadi guru dan selanjutnya menjadi kepala sekolah, saya memimpikan adanya sebuah platform digital pendidikan yang mampu mewadahi kebutuhan guru dan siswa dalam perencanaan dan praktik pembelajaran. Namun, di saat yang sama juga mampu memfasilitasi sekolah sebagai sebuah sistem dan memiliki tata kelola operasional yang baik; namun tidak kehilangan esensi, karakteristik dan sekolah tersebut. Dan beragam data yang dihasilkan dari data tersebut, dapat menuntun para pemimpin sekolah dalam menghasilkan kebijakan strategis”, ujar Yoshua Sirait.

“Hadirnya Guru Kreator Enterprise adalah jawaban dari harapan tersebut”, tambahnya.

Keragaman fitur dalam satu platform Guru Kreator Enterprise akan memberikan sekolah beragam pilihan dan pendekatan yang dibutuhkan guna mendukung pembelajaran dan manajemen sekolah.

Menurutnya, dengan prinsip single platform ini, baik perencanaan, proses pembelajaran serta operasional sekolah dapat secara langsung menghasilkan data analytics yang menjadi acuan pemimpin sekolah dalam menghasilkan keputusan yang strategis berdasarkan data; yang kini dikenal dengan istilah data driven decision making.

Selain Guru Kreator Enterprise, Paideia Educational Solutions juga meluncurkan produk Guru Kreator Basic dalam bentuk mobile apps dan sudah digunakan untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis Kurikulum 13 dan telah digunakan lebih dari 6000 guru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Aplikasi ini bisa digunakan oleh para pendidik yang berada di area 2G Digital Networks (wilayah 3T).

Aplikasi Guru Kreator Basic bisa diunduh dan langsung digunakan secara gratis melalui Google Play Store sedangkan LMS Guru Kreator Enterprise tersedia dengan harga terjangkau untuk diimplementasikan dalam satu ekosistem sekolah. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler