Guru SMP Tewas setelah Dihajar 20 Orang

Kamis, 14 September 2017 – 07:37 WIB
Keluarga menangisi kepergian Adrianus Amit sebelum dilakukan otopsi di RSUD dr. Soedarso Pontianak, Rabu (12/9). Foto: MAULIDI MURNI/Rakyat Kalbar/JPNN.com

jpnn.com, PONTIANAK - Adrianus Amit, 47, guru SMP Negeri 2 Siantan, Pontianak, Kalbar, tewas setelah dihajar sekitar 20 orang.

Istri korban, Endah Widayati, 47, mengaku tidak mengetahui secara persis kronologi peristiwa penganiayaan yang terjadi Sabtu (2/9) dini hari yang menyebabkan suaminya tewas.

BACA JUGA: Iwa K Menangis di Persidangan, Hakim Terkejut

Sehari sebelum kejadian, ia tengah berada di Pulau Jawa. Endah mengawasi operasi anak sulungnya akibat cedera karena kecelakaan tiga tahun yang lalu.

"Tahunya dari anak," tuturnya saat menunggui jasad Sang Suami yang sedang diotopsi di RSUD dr. Soedarso, Rabu (12/9) siang.

BACA JUGA: Sudah Tua Masih Saja Jualan Narkoba

Yang ia tahu, akhir pekan itu, Amit sedang berada di kediaman mereka, Jalan Khatulistiwa Gang Teluk Air Siantan Hilir. Hanya berdua saja dengan buah hati mereka yang paling kecil, Clara.

Dari dalam kamarnya, diceritakan Endah, Clara mendengar suara dan orang yang sedang diseret. Bungsu berusia 16 tahun itu mencoba keluar dari kamarnya tetapi diadang oleh seorang pelaku di depan pintu.

BACA JUGA: Empat ABK Disekap dan Dianiaya Pemilik Kapal dan Oknum TNI

Ketika Amit dibawa keluar, Clara juga keluar. Diperkirakan lebih dari 20 orang yang datang ke rumah itu.

"Suami saya dimasukkan (ke sebuah mobil) lalu dibawa pergi, tidak tahu kemana. Tahu-tahu sudah sekitar pukul 01.30, dikasih informasi suami saya ada di IGD (RS) Antonius," ujar Endah.

Selama 11 hari di rumah sakit, suaminya tidak sadar alias koma. Endah menjelaskan, ada luka yang diakibatkan semacam benda tumpul pada bagian kepala kiri suaminya.

Seperti tergores agak dalam dan mengeluarkan darah. Tidak hanya itu, ada juga luka memar di dagu kiri, serta gosong di bagian paha kanan maupun kiri yang di tengahnya terlihat tiga bekas tusukan.

"Saya orang awam hanya memprediksi itu kemungkinan seperti terkena ujung elektroda. Dugaan saya semacam entah disetrum atau gimana," duganya.

Pada lutut sebelah kanan almarhum Amit seperti dihantam suatu benda. Terdapat semacam bekas memar yang melintang di lututnya. Lebam juga tampak di punggung kiri belakang yang mengarah ke jantung dan bagian ketiak kiri.

"Meninggalnya hari ini (kemarin, 13/9) setelah ada cek untuk jantung, benar-benar dinyatakan tidak ada sekitar pukul 4.20," ucap Endah.

Amit tidak pernah bercerita apa pun kepada istrinya. Namun, Endah menyebut, ada orang yang pernah menitipkan mobil. Ia tidak mengetahui siapa.

"Kalau masalah hutang-piutang, saya kira tidak ada. Saya tidak tahu pasti, karena kami masing-masing punya pekerjaan. Saya percaya dengan suami saya dan suami saya percaya dengan saya," tambahnya. Pada Minggu, 3 September, ia telah melaporkan hal ini ke polisi.

Usai otopsi, jenazah Amit akan dikebumikan di Salatiga, kota asal Endah. Ia menyatakan, suaminya senang ketika berada di sana. Kota yang sejuk dengan pemandangan sangat cantik.

Ahli Forensik RSUD dr. Soedarso, dr. Monang Siahaan, Mked (For) yang mengotopsi jasad Adrianus Amit menjelaskan, korban meninggal dunia adalah luka di bagian kepala.

"Lebih cenderung dan prioritas ke rongga kepala, yaitu di bagian otak oleh pengaruh benda tumpul," ungkapnya.

Sedangkan luka lainnya, menurut dia, hanya sebatas luka memar kecil. Luka di kaki yang diduga setrum, kata Monang, hanya lebam biru kecil dan tidak itu memengaruhi.

Salah seorang penasihat hukum korban yang diketuai Pengacara Martinus Ekok, Carlos Penadur, menyatakan akan mendampingi Endah sampai proses hukum selesai. Pihaknya sudah melaporkan kasus tersebut ke Polresta Pontianak.

"Sejauh ini proses penyidikan sudah ada empat orang tersangka yang sudah ditahan," beber Carlos. Ia belum tahu motif dari peristiwa itu. Yang pasti pihaknya meminta keadilan.

Dikonfirmasi tadi malam, Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Kalbar, Kombes Pol Asep Safrudin, menyatakan pihaknya dalam proses menyeldiki peristiwa tersebut.

“Itu memang benar, sekarang udah dilimpahkan ke Polda Kalbar pada tadi pagi,” terangnya.

Empat tersangka pun sudah ditetapkan. “Nanti akan terus dikembangkan, bagaimana nanti hasil dari pemeriksaan tersangka apakah ada tersangka baru, masih terus kita kembangkan,” pungkas Asep. (mau/moh)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pembunuhan Siswi SMP Dipicu Rasa Cinta Terpendam


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler